Nggak ngerti lagi deh...

Sebelum baca tulisan saya di bawah ini, saya mau klarifikasi dulu bahwa saya nulis ini semata-mata cuma pengen menuangkan opini pribadi aja secara netral. Saya cuma seorang mahasiswi biasa yang sejak dulu nggak pernah aktif di organisasi keagamaan sama sekali, nggak pernah sekolah di sekolah keagamaan, bukan simpatisan parpol apapun (karena sebenernya agak apatis dengan perpolitikan di negeri mawut ini), dan tidak sedang menyalahkan atau memojokkan pihak tertentu. Cuma pengen komen aja, berdasar pandangan yang netral dan hati nurani..

Jadi, aku lagi pengen nulis sesuatu bertopik agama. Jangan komen apa-apa dulu, nyantai aja saya ga bakal ceramah di blog apalagi mengumbar dalil-dalil ataupun melempar cuplikan ayat-ayat Qur'an. Kaitannya sama kehidupan sosial juga sih *mungkin*. Apapun lah kategorinya saya ga peduli-peduli amat. Jarang-jarang sih saya nulis hal serius, biasanya kalo ngga curhat, ya nulis seputar kehidupan kampus. Yaa kali ini aja mungkin, saking udah pengen banget komen hahahahaha.

So, tadi pagi lagi ngobrol sama ibuk dan ibuk cerita sesuatu tentang anak tetangga, sebut saja Cendol. Eh ojo ding, elek tenan. Emmm sebut saja Daesung. Okefix. Jadi si Daesung ini kalo ga salah baru kelas 3 atau malah baru kelas 2 SD, sekitar itu lah. Umurnya ya antara 7-8 taun gitu kayanya. Dia sekolah di SD X yang merupakan sekolah berbasis agama, you know lah..sekolah swasta dengan muatan pendidikan agama yang mendominasi. Saya sih yakin visi misi dari sekolah seperti itu tuh baik, tapi mungkin pada prakteknya guru-guru yang istilahnya jadi frontman dalam mendidik si murid itu kurang bener dalam mengajar. Njir kalimat gue ribet banget sih -_- Oke jadi maksud saya adalah, guru-guru yang bertugas mendidik dan menyampaikan kebaikan agar visi misi yang mulia itu tercapai kan harusnya kan punya pola pikir dan sikap yang baik juga, wong ya dia itu orang yang secara langsung menghadapi si murid, di mana murid SD salah satunya si Daesung tadi adalah anak-anak yang masih kecil yang gampang mengimitasi sesuatu dan gampang diajarin banyak hal (baik dan buruk tentunya). Orangtuanya juga berperan sih. Eyangnya terutama yang ngurus dia sebenernya, bukan orangtuanya. Mereka rajin pengajian sana sini, ya sepintas terkesan islami banget lah. Tapi, guru-guru dan orang tua ini ya manusia biasa sih, saya ngerti. Dan seperti yang kita tau, ada sekumpulan jenis manusia yang bisa dinamai sebagai kaum ekstrimis atau fanatik. Dalam hal agama tentunya. Dan mungkin orang-orang yang saya sebut tadi termasuk jenis orang yang fanatik dalam hal agama. Mungkin lho ya.

Terus hubungannya apa? Masalahnya apa? Kok pembicaraannya jadi mbeleber gini?


Jadi gini, si Daesung tadi itu lagi di depan rumahnya yang merupakan area depan rumah saya juga. Pas itu ayah saya keluar rumah, nyapa si Daesung yang udah dari kecil emang lulut sama ayah saya. Ga berapa lama kemudian, ada anak tetangga lainnya sebut saja Siwon ikutan nimbrung. Setelah beberapa saat, katanya si Siwon itu capcus duluan, pulang kerumah duluan. Nah, begitu si Siwon menghilang dari pandangan, Daesung langsung komentar dengan nada sinis. Daesung, siswa sekolah ke-Islam-an yang baru kelas 2 SD itu berkomentar, "ih aku nggak suka sama Siwon, sombong tuh, dia kan Kristen".

Oh. Padahal setau saya dari kehidupan bertetangga selama ini, sifat si Siwon itu jauh lebih mending dan menyenangkan ketimbang si Daesung. Oke, lupakan opini subjektif barusan. Yang terus bikin saya agak speechless itu ada beberapa hal :
1. Apa ya bener si Siwon itu sombong?
2. Kenapa komen Daesung harus sesinis itu?
3. Daesung itu sekolah di sekolah Islam which is harusnya dia diajarin sopan santun dan budi pekerti yang baik dalam kehidupan sosial.
4. Apa hubungannya sombong dengan agama? Terus kalo bukan Islam apa ya terus otomatis segala sifat buruk patut dilabelkan kepada mereka? Apa njuk kalo udah Islam itu dijamin nggak mungkin sombong atau nggak mungkin punya sifat lainnya?


Terus saya mikir aja. Anak sekecil Daesung nggak mungkin ngomong gitu dari hasil pikirannya sendiri. Pasti dia diajarin kan, entah sama guru di sekolah atau orangtuanya. Dan anak sekecil itu, yang saya tadi bilang gampang mengimitasi dan menyerap berbagai hal baik yang bener maupun enggak, malah diajarin hal yang nggak bener. Saya nggak nyalahin si Daesung yang mengeluarkan komentar sinis dan berbau SARA itu, saya cuma mempertanyakan gimana orang-orang dewasa yang ada di belakangnya itu, gimana cara mereka ngajarin kok sampe Daesung bisa bersikap kaya gitu?


Okelah, punya keyakinan itu wajib. Tapi, apapun yang kita yakini itu harusnya nggak bikin kita punya hak untuk menjudge orang lain yang beda keyakinannya sama kita. Negara ini kan emang terdiri dari banyak agama, ya sudah terima aja. Jalani keyakinan masing-masing dan gausah lah saling menjelekkan. Kalo pengen keyakinannya jadi yang satu-satunya di negara ini karena yakin yang paling bener, yaudah sono gih hijrah aja ke tanah arab -___-

Setau saya, Islam itu bukan agama yang ngajarin untuk menebar kebencian. Kenapa sih orang-orang sekarang terlalu berlebihan? Kenapa harus gitu? Emangnya kalo bukan beragama yang sama dengan kita, terus dalam kehidupan sosial mereka harus diperlakukan beda dan dihakimi macem-macem gitu?

Pertama, statement si anak yang mengkorelasikan antara sombong dengan kristen itu aja udah salah lho ya. Punya keyakinan bahwa agama kita paling bener itu boleh-boleh aja, tapi inget orang lain juga berhak berpendapat sama. Ngga perlulah kita ngotot ngasih tau kalo kita yang paling bener ke orang yang udah jelas beda pemikiran dan beda keyakinan. Jalani aja masing-masing, bagiku agamaku bagimu agamamu. Ngurus akhlak sendiri aja belum becus kok nambahi dosa dengan nyinyir orang lain -_- Terus kenapa gitu kalo si Siwon tadi kristen? Emang kalo gitu njuk udah mesti segala sifat buruk pantes dilimpahin ke dia, gitu? Trus si Daesung karena dia Islam njuk dia nggak mungkin sombong, nggak mungkin nakal, nggak mungkin nyontekan, dan sebagainya. Iya, gitu? ENGGAK KAN?

Kedua, kenapa harus menanamkan kebencian segitunya? Islam kan nggak gitu. Saya ngerasa nggak perlu ikut kajian macem-macem, saya nggak ngerasa saya harus ikut jamaah ini itu buat sekedar memahami bahwa Islam itu agama yang sebenernya cinta damai. Kenapa banyak orang yang malah seolah lupa dengan itu? Saking fanatiknya, atau entah apa namanya, malah akhirnya esensi Islam yang satu itu jadi terlupakan. Saya orang Islam, tapi saya menghargai perbedaan dan nggak pernah menaruh kebencian dengan orang yang beda keyakinan dengan saya. Dan saya nulis gini justru karena saya peduli dengan citra agama saya secara umum. Kenapa harus gini? Kenapa harus mengkotak-kotakkan umat lain dengan cara sekasar itu? Udah ngerasa jadi individu paling sempurna dan tanpa salah po kalo udah beragama Islam? Boleh gitu menjudge orang lain jelek karena kita Islam? ENGGAK KAN?

Ketiga, mbok ya sadar kalo tindakan gitu itu sama sekali nggak Islami. Ngajarin anak kecil untuk benci dengan orang lain karena beda agama ditambah dengan melabeli mereka dengan sifat buruk yang sebenernya belum tentu bener. Apa Islam kaya gitu? ENGGAK KAN?



Mbok ya nggak usah menebar kebencian, nggak usah merasa paling sempurna. Agama yang sempurna belum tentu kita yang menganut itu udah sempurna juga kan?

Sebagai tambahan aja, beberapa SD yang embel-embelnya keagamaan itu justru beberapa kali tiap ujian nasional malah jadi sekolah yang ngasih bocoran soal ke murid-muridnya karena mereka kenal sama orang dinas pendidikan. Ga perlu aku sebut lah ya sekolah mana, cukup tau aja ada beberapa yang kaya gitu dan itu bener-bener nyata (siswa dan orangtua siswa sendiri yang cerita ke ibu saya). Itu apa namanya kalo bukan curang? Gitu itu sikap manusia yang katanya islami sampe ngerasa oke dengan njelek-njelekin agama lain? Gitu itu ajaran Islam? Saya sendiri ngerasa saya masih banyak banget dosa, banyak ngga sempurna di sana sini, dan itulah kenapa saya nulis ini, karena saya sadar walaupun saya Islam tapi saya nggak cukup sempurna untuk menjudge agama lain dan melabeli mereka dengan hal buruk.



Itu baru contoh kecil. Satu contoh kecil. Di luar sana masih banyak orang-orang yang fanatiknya lebih parah, yang membenci kaum lain dengan lebih berapi-api, yang membanggakan diri sendiri dan menjelekkan orang lain dengan cara yang lebih menjijkkan lagi, dan dalam lingkup yang lebih luas, misalnya aja di dunia politik.

Ah sudahlah. Saya bukan siapa-siapa yang pantes membahas lebih lanjut tentang dunia politik Indonesia. Saya cuma tau bahwa dalam hidup ini kita nggak boleh sombong dengan ngerasa diri kita paling sempurna, nggak boleh saling benci hanya karena perbedaan, dan bahwa dalam hidup itu perlu banget saling menghargai perbedaan antara sesama manusia..


Sekian~

Share:

0 comments