I love Jogja!

Sebagai orang yang selama ini menghabiskan hidupnya di Jogja, saya merasa kayaknya saya nggak bakal bisa move on dari kota yang nyaman ini. Iya sih, Jogja udah mulai Jekardah wannabe gitu, sok-sok macet dan kadang mulai banjir-banjir dikit. But overall, Jogja masih jadi tempat tinggal yang nyaman buat saya.

Kenapa?


1. Kehidupan sosial di sini menyenangkan

Saya lumayan sering liburan ke Jakarta karena dulu eyang masih tinggal di sana. Ada beberapa sodara juga di sana yang sering cerita tentang kerasnya kehidupan Jakarta. Walaupun Jakarta ini menggiurkan karena sering jadi tempat singgah artis luar kalo konser *oke ini gapenting* tapi saya ngga tertarik sama sekali buat idup di sana. Entah kenapa ga nyaman. Orang-orangnya gak se-peduli di Jogja. Jadi, walaupun Jakarta ini kota besar, saya ngga ada kepengen-kepengennya buat idup di sana. Wekekeke

2. Harga makanan relatif murah

Di Jogja ini banyak pilihan makanan, ya makanan biasa, bukan yang mewah-mewah gitu, enak tapi ngenyangin, dengan harga yang manusiawi. Ga ada ceritanya indomi rebus telor di burjoan harganya 7ribu atau sepotong penyetan ayam+nasi seharga 12ribu. Bukannya pelit, tapi ada harga ada rupa dong. Untuk ukuran makanan biasa, di sini ya harganya biasa, ngga kaya di tempat jatek saya kemaren :3 Intinya saya bahagia karena untuk memuaskan kesukaan saya untuk makan ini saya ngga perlu ngeluarin duit secara lebay. Temen-temen kuliah saya yang dari daerah Jakarta dan sekitarnya mengakui kalo harga makanan di Jogja ini murah meriah. No wonder mereka awal-awal dateng terlihat rada shock bercampur bahagia~

3. Banyak tempat tongkrongan asik

Selaku anak muda pada umumnya, saya suka nongkrong. Nongkrong itu ga harus mahal ga harus mewah. Yang penting tempatnya asik dan ditambah beberapa temen buat ngobrol ngalor ngidul. Tempat asik ini ya macem-macem. Mau tempat karaoke? Banyaaak. Mau nonton bioskop? Adaaa~ Atau mau nongkrong sambil mengisi kekosongan hati perut? Mbludaaaaak! Mau makan di mana sih? Yang mahalan ada, yang menengah ke atas ada, yang menyesuaikan dengan kemepetan kantong pun banyak. Atau pengen nge-mall? Ya walaupun ga sebanyak di Jakarta, tapi Jogja juga punya beberapa mall, malah lagi direncanain pembangunan mall-mall baru (yang sebenernya saya ga terlalu suka karena saya bukan anak mall -_-). Atau mungkin pengen jalan-jalan wisata sejarah? Banyak lah ya di Jogja. Dan jangan lupa kalo yang suka sama kesenian-kesenian, Jogja ini punya banyaaaaak banget event keren yang terlalu sayang buat dilewatin. Festival ini itu, karnaval ini lah, pameran itu lah, pentas ini itu, pokoknya buanyak! Semua ada kok di Jogja tercinta ini :3

4. Masih banyak pemandangan alam yang bagus buat dinikmati

Yesss pemandangan alam. Saya sih juga bukan tipe orang yang travel addict, atau yang harus banget ke tempat-tempat dengan pemandangan kece, bukan juga pecinta alam atau anggota rombongan klub motor yang suka touring ke tempat-tempat asik berbasis alam terbuka. Yaa sekedar kalo pas pengen refreshing ada banyak pilihan buat dituju aja lah. Di kota-kota besar macem Jakarta kayanya saya ngga bisa nemuin hal yang sama dengan di Jogja. Hehehe. Mau kebun buah ada, pantai melimpah, gunung ada, gua buat caving ada, air terjun punya. Atau yang paling simpel sekedar sawah ijo yang bagus dengan latar belakang pegunungan untuk nyegerin mata dan pikiran. Ya walaupun udah banyak juga sawah dan ladang yang tergusur buat dibikin perumahan, tapi jumlah sawah di Jogja juga masih banyak terutama di Jogja pinggir kayak Sleman sama Bantul. Gatau kenapa saya suka liat sawah yang ijo-ijo gitu, di pedesaan yang ga terlalu rame, belakangnya ada pegunungan-pegunungan, trus langitnya biru berawan gitu uuuuuww seneng gitu liatnya :3

5. Lapangan kerja ga sedikit

Rada aneh kali ya bacanya? Tapi sebenernya, selama kamu bukan tipe orang yang orientasinya harus kerja di pabrik gede atau kantor-kantor perusahaan asing gitu sebenernya ga aneh sih. Jogja kan katanya kota pelajar, ya bener juga di sini banyak sekolah dan universitas yang pasti butuh tenaga kerja. Selain itu, kalo pengen jadi wirausahawan juga stay di Jogja bukan pilihan yang buruk kok. Justru kalo di kota-kota besar yang udah mainstream jadi tempat tujuan bekerja, malah peluangnya semakin sempit kan? Orang-orang pada mikir hal yang sama, semua pengen ke kota yang sama. Padahal ada tempat yang bisa dikembangin buat usaha dan ngga perlu sampe merantau segala. 

6. Makanan tradisionalnya enak

Karena saya tukang jajan, doyan makan, termasuk makanan tradisional, ya saya bahagia banget hidup di Jogja. Saya suka makan gudeg, saya suka banget makan bakpia, dan jajanan lain yang biasa ada di toko oleh-oleh. Terutama bakpia sih. Kalo yang masih anget-anget gitu waaah sekotak bisa habis sendirian :3 Kalo saya moving ke kota lain, mana bisa makan bakpia asli Jogja dalam keadaan anget baru keluar dari oven atau gudeg yang masih dalam keadaan basah kena kuah gitu? :p

7. Banyak cerita dan kenangan indah di Jogja

Ngga perlu diceritain secara detail, pasti kalian juga tau dong. Saya yakin yang punya kenangan manis di kota ini nggak cuma saya. Jangankan saya yang dari dulu udah di Jogja. Mungkin kalian yang baru aja dateng ke Jogja pas kuliah aja pasti ada kenangan dan cerita tersendiri selama tinggal di sini, ya kan? Apalagi saya T____T berasa semua sudut kota *lebay* punya cerita sendiri buat saya yang ngga bisa dilupain. Ini sih yang paling bikin berat buat pergi dari Jogja. Hahaha

So...

Selepas kuliah saya ngga akan pergi kemana-mana. Kecuali emang kepepet ngga ada jalan lain dan saya dapet kerjanya di luar Jogja. Tapi kalaupun bisa diusahain, saya akan ngusahain biar ga jauh-jauh dari Jogja. Mungkin Jawa Tengah ajalah paling jauh, biar bisa sering balik Jogja, hihihi. I'll stay in this nice city. Kalo pergi dari Jogja tapi jauhnya nanggung ya mending ngga usah. Pokoknya tetep di Jogja, deket banget sama Jogja, atau sekalian ngga di Indonesia xD Haha iya deh beneran, mending sekalian tinggal di luar negeri. Jadi sekalian ngga usah keinget mulu sama kenangan di Jogja. Tapi ya tetep sih lebih mending stay di sini aja. Hihi. 

I LOVE JOGJA <3

Share:

0 comments