[REVIEW] Wardah Lightening Series, recommended!

My first post about cosmetics~ Hyahaha. Berasa mbak-mbak banget *lha emang mbak2* dan berasa sok-sokan banget ngepost kayak ginian, tapi ya cuek lah.. Anggep ini sebagai testimoni dari konsumen yang merasa cukup puas dengan produk yang digunakannya karena reward untuk suatu brand atas kualitasnya yang bagus kan emang berupa positive word of mouth.

Prolog

Jadi, saya ini sebenernya newbie di dunia perawatan kulit. Kalo make-up gitu ya levelnya setingkat di atas newbie lah, udah lama kebiasa dandan walaupun yang natural aja buat ke kampus. Nah kalo urusan ngerawat kulit wajah ini saya newbie banget, soalnya sebelum ini selama bertahun-tahun saya ngerawat kulit ya cuma dengan rajin cuci muka aja. Tapi perawatan yang saya maksud ini bukan perawatan yang gimana banget lho, bukan yang kayak facial-facial atau apa yang rutin dilakuin di aesthetic center ato perawatan di salon-salon gitu. Ini perawatan sendiri yang gampang banget dilakuin sehari-hari.

Asal mulanya saya jadi newbie ini sebenernya gara-gara habis KKN kemaren kulit saya jadi item kusem, nggilani banget lah pokoke. Kulit saya sensitif emang sama panas, gampang gosongnya hanya dengan sekali dijemur dan susah juga lama buat baliknya lagi ke aslinya. Ngeselin wes. Nah karena saya nggak pernah se-lethek (lethek=dekil) ini sebelumnya, saya jadi illfill sama muka saya sendiri. Dah macem dakocan aja item mengkilap kalo udah mulai berminyak gitu.

Nah akhirnyaaaa saya pun meniatkan diri untuk searching di internet tentang cara memutihkan kulit. Sakjane bukan putih juga sih gaes, tapi ya aslinya kulit saya ngga item (walopun juga bukan putih namanya juga orang jawa yes). Yaudahlah whatever akhirnya dari hasil pencarian jati diri tentang cara merawat kulit agar kembali cerah ini saya dapet beberapa referensi. Ya dari review-review di blog orang gitu. Singkat kata saya dengan cepat tertarik sama Wardah. Keunggulan yang dia tonjolkan adalah positioning dia sebagai brand make-up asli Indonesia yang berlabel halal. Selain itu juga Wardah ini katanya bahan-bahannya alami, jadi aman buat kulit, dan juga udah disesuaikan dengan kondisi kulit wanita Indonesia. Emang hasilnya ngga bisa instan "kulit tampak lebih putih dalam 2 minggu" atau sejenisnya. But it doesn't matter, yang penting aman, toh di dunia ini emang sebenernya ngga ada hal yang instan kecuali indomie and friends #salahfokus. Lama dikit nggapapa lah yang penting aman buat muka, pikir saya gitu, Akhirnya saya cari tau lebih lanjut tentang Wardah, terutama cari review dari orang-orang, soalnya testimoni yang natural dari konsumen yang emang ngerasa puas itu sebenernya promosi yang paling bagus, jadi patut dipertimbangkan.

Setelah puas mencari info, akhirnya saya bulatkan tekad untuk membeli seperangkat Wardah Lightening Series yang emang kegunaannya untuk mengembalikan kecerahan kulit dan membuat kulit nggak kusam. Dih kalimat gue iklan banget yak :v

Paket Wardah Lightening Series plus bedak, lipstick, sama lipbalm





Lightening Series-nya aja
Sepaket itu isinya ada milk cleanser, face toner, gentle wash, facial scrub, facial mask, day cream, night cream, sama facial serum. Info lengkapnya bisa dicek di sini. Kalo aku pribadi nambahin sunscreen gel yang SPF 30 itu, buat ngelindungin kulit kalo pas lagi panasan di luar. Oh iya, btw kalo mau hemat, buat kamu yang tinggal di Jogja mending beli di mirota kampus aja, tiap hari Jumat ada diskon 20%, lumayan kan wkwkwk. Dari sepaket itu yang paling mahal harganya itu serum, sekotak kecil isinya 5 botol kalo ngga salah, sekitar 52rb. Tapi waktu itu aku beli pas diskon jadi lebih murah. Awet sih tapi itu sepaket, makenya kan paling sebiji jagung gitu kan, jadi buat serumnya itu sebotol kecil habisnya bisa seminggu lebih.

Sebenernya saya belinya ngga langsung seperangkat utuh sih, dicicil dulu mulai dari sabun mukanya, maklum mahal kalo sepaket, duit sendiri belum cukup pas itu wkwkwk yaudah. Emang kali ini pengen aja beli keperluan pribadi pake duit hasil kerja sendiri, jadi nyicil belinya juga ngga masalah. Pertama beli sebenernya bukan niat mau beli, jadi saya lagi jalan ke Amplaz ama pacar, trus ngelewatin gerai Wardah (gatau lantai berapa lupa pokoknya sebelahan ama gerainya The Body Shop). Langsung aja saya beli Lightening Gentle Wash a.k.a sabun muka, Lightening Day Cream, sama Lightening Night Cream (krim pagi krim malem).

Lightening gentle wash, night cream & day cream




Sabun mukanyaaaaaa duh baunya enak bangettttss sumpah! Bikin betah cuci muka pokoknya. Baunya wangi tapi soft banget, nggak nyegrak gitu. Trus wanginya awet sampe beberapa jam setelah cuci muka (kecuali abis itu pake makeup ya wanginya ilang). Pas dipake itu busanya nggak banyak. Nggak berbusa malahan. Saya suka nih yang kaya gini, ngga kebanyakan kandungan deterjennya, bagus. Hasilnya juga tetep bersih kok. Kulitnya berasa kenyal juga habis itu. Pokoknya recommended deh, hehe. 

Trus buat day cream sama night cream, dipake masing-masing sekali dalam sehari. Day cream alias krim pagi, jelas dipake pagi-pagi, sebelum beraktivitas keluar rumah. Gunanya day cream ini buat ngelindungin kulit. Cuma buat aku yang kulitnya sensi ama panas, day cream doang ngga cukup makanya aku tambahin yang SPF 30 ini. Rasanya pas dipake emang rada berat gitu di kulit, rada lengket malahan kalo menurut saya. Tapi efeknya enak, pas kesengat panas jam 12 pun kulit jadi ngga berasa sakit karena pake ini. Pakenya tipis-tipis aja udah cukup kok, setelah pake day cream baru pake ini. Kalo udah ada milk cleanser, face toner, dan serum, sebenernya urutannya jadi kaya gini : : milk cleanser - gentle wash - face toner - serum - day cream - sunscreen gel

Dipake setelah day cream, tipis aja





Nah, buat night cream alias krim malam dipakenya sebelum tidur. Tidur malem, bukan
tidur siang atau tidur habis solat subuh :p Dipake tipis-tipis juga habis cuci muka pake gentle wash. Kalo udah sekalian ada serum, milk cleanser sama face toner, urutan makenya jadi gini : milk cleanser - gentle wash - face toner - serum - night cream. Tapi berhubung awal-awal saya baru punya 3 itu, yaudah jadi habis cuci muka langsungan pake day cream atau night cream.

Oh iya, day cream sama night cream ini ada 2 step. Saya pake yang step 1 dulu soalnya sebelum ini belum pernah pake produk skin care apa-apa. Kalo sebelum ini kamu udah pernah pake produk lain berarti pake aja yang step 2. Kalo pake step 1 dulu kaya saya ini, nanti pake step 2 nya setelah produk step 1 habis dipake.
Habis itu beberapa hari kemudian baru saya beli milk cleanser sama face toner di swalayan deket rumah, kan ada gerai Wardahnya juga, cuma ya ngga diskon sih, tapi gapapalah keburu pengen pake soalnya.. Hahaha. Harganya berapa aku lupa, kisaran 20rb-an kalo ga salah. Botolnya gede, jadi isinya banyak, ngga mahal lah intinya. Pasti udah pada tau lah apa guna milk cleanser sama face toner.
Lightening milk cleanser & lightening face toner

Tapi mungkin aja ada yang belom tau, jadi milk cleanser itu gampangnya pembersih muka, kalo face toner itu ya penyegar gitu lah. Saya sih pake tiap malem doang, kan biasanya pulang ke rumah sore atau magrib gitu. Ya udah habis itu bersihin muka pake milk cleanser, baru cuci muka pake gentle wash, trus pake face tonernya. Ini 2 produk wanginya juga enak banget, persis sama sabun mukanya. Wanginya lembuuuuut banget, suka deh. Trus face tonernya juga enak banget dipake, soft di kulit, soalnya dia no alcohol, jadi pure water gitu. Sama sekali ngga perih dipake di kulit, trus rasanya seger banget di muka.

Selanjutnya saya beli facial scrub sama facial mask. Facial scrub ini buat cuci muka, cuma ada butiran-butiranya gitu jadi rada kasar kalo dibandingin sama gentle wash. Wanginya? Jangan ditanya. Sama kaya produk yang saya ceritain di atas, enak banget wanginya. Facial scrub ini cukup dipake setiap 2 hari sekali aja, jangan tiap cuci muka soalnya kasian kulit mukanya kalo kena yang kasar-kasar mulu. Kalo facial mask ini buat maskeran, dipake seminggu sekali sebenernya, cuma saya suka maskeran jadi biasanya seminggu dua kali kalo pake. Masker ini bisa dicampur sama serum juga. Pakenya gampang, ya tinggal serumnya ditetesin aja trus dicampur sama masker yang lagi mau diolesin ke muka. Ditunggu 15 menitan trus dibilas pake air anget kalo bisa. Enak banget deh kalo abis maskeran tuh rasanya kulitnya seger banget, trus dipegang jadi kenyal.

Lightening Facial Scrub
Lightening Facial Mask
Nah, produk terakhir yang saya beli ini sebenernya adalah inti kalo mau mencerahkan kulit. Lightening facial serum. Beli di mirota pas hari Jumat, jadi dapet diskon :v Serum ini makenya tipis-tipis banget, ditetesin segede biji jagung gitu kalo bahasanya mbak-mbak SPG Wardah di mirota. Dipake kalo muka udah dibersihin, sebelum make day cream atau night cream. Bisa dicampurin di masker juga. Efek dari serum ini jangka panjang, 2 mingguan kalo aku sih, jadi keliatan lebih cerah. Pelan-pelan balik ke kulit awal gitu deh hihihi.



Selebihnya ini produk Wardah lain yang saya pake, di luar lightening series. Standar aja sih, bedak compact, lipbalm, sama lipstiknya 2. Saya soalnya bukan tipe orang yang dandan macem-macem kegiatannya paling kan cuma ngampus, jalan-jalan juga biasa aja paling ke mall, ato ke tempat makan bareng pacar, jadi ngga yang macem-macem gitu.  Lipstik nya Wardah warnanya bagus-bagus kalo menurut saya. Kalo yang saya punya ini yang satu ada glitter-glitternya dikit gitu, warna pink. Kalo yang satunya warna apa ya duh bingung ahaha. Merah agak coklat gitu kali ya, pokoknya pas dipake tuh natural. Bibir saya kan warnanya pucet gitu, jadi pas kalo pake yang merah gini, jadi keliatan berwarna tapi ngga lebay. Recommended buat kamu yang bibirnya pucet xD



Habis itu ada bedak padet. Saya sukaaaaaaa banget sama bedak yang ini. Kalo ngga salah warnanya tu ivory apa ya. Pas banget buat kulit saya, dan buat kamu-kamu yang kulitnya nggak terlalu putih. Dipake tipis-tipis tu udah berefek dan warnanya natural banget, jadi ngga terlalu menor, ngga terlalu keliatan kalo pake bedak, tapi kulit muka tuh jadi keliatan ngga berminyak, keset gitu deh. Makenya juga ngga ribet, langsung nempel dengan cantik pokoknya di kulit muka. Recommended!


Produk terakhir ada lipbalm. Waktu dulu beli sempet bingung mau yang vanilla atau stroberi. Baunya sama-sama enak, warnanya sama-sama unyu. Tapi karena saya belom pernah pake lipbalm merk apapun yang aroma vanilla jadi saya pilih yang vanilla. Asli baunya bikin laper, kaya es krim -_- Kalo ga salah dulu beli harganya 16rban. Awet banget ini, tiap hari sering saya pake tapi udah setaun ngga abis-abis. Enak dipake, pas lah, bikin bibir ngga kering tapi efeknya ngga lebay, bibir ngga terlalu keliatan blink-blink kaya orang abis makan gorengan. Recommended juga deh.. Haha.



Sekian dulu review saya tentang Wardah Lightening Series (dan beberapa produk lainnya). Semoga membantu buat kamu-kamu yang lagi bingung pilih produk buat mencerahkan kulit. Saya udah ngerasain efeknya sih, sebulanan make dan kulit udah balik seperti semula, malah jadi lebih halus. Hihi. Selamat mencoba <3


Oh ya, baca juga review aku lainnya juga yuks --> V10 Plus Water Based Peeling

Share:

64 comments

  1. Ciye selamat ya sist yang kulitnya udah lebih mulus sekarang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh jadi malu sis kok kamu muncul di posting ini sih wkwk iya nih mayan lah, hahaha xD

      Delete
  2. Sis foto wajahnya dipost dong sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sis gausah dipost juga sista udah bisa liat muka saya tiap kuliah kan :v

      Delete
  3. Wah bagusnya. Saya sarankan untuk datang ke fashion parade Indonesia Fashion Week 2015 sebagai rekomendasi style-styel terbaru. Fyi, ini tahun ke-4 nya untuk Sariayu Martha Tilaar sebagai official make up dan hair do IFW 2015, lho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks for comment :) wah IFW di Jakarta kak, saya di Jogja gabisa dtg hehe . anyway makasih suggestnya..

      Delete
  4. makasih bangat sis reviewnya.. lg mau nyoba pake wardah nih.. kalo belinya dicicil gapapa kali yaaa? hehe maklum saku anak kuliahan hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. samasama sis.. gapapa dicicil aku dulu jg pas beli ga lgsg sepaket kok, ya sama uang saku anak kuliahan.. hahaha. goodluck ya sis ^^

      Delete
  5. Sis aku juga lagi mau nyoba pake wardah nih, jadi aku liat2 review yang lain di internet. Tapi ada yg kena efek samping kayak jerawatan ato kulitnya jadi gosong gitu. Itu kira2 kenapa ya? Jadi galau nyobanyaa ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya sis aku juga pernah baca ada yg kayak gitu.. tapi kayanya jarang yg ga cocok sama wardah ya soalnya wardah kan termasuk kosmetik yg 'soft' gitu.. kalo aku baca2 sih biasanya yg jadi kaya gitu berarti krn dia ga cocok aja, entah kulitnya emg terlalu sensitif, atau mgkn dia ga cocok pake seri yg ini..

      kan wardah banyak seri kan sis, aku ngga hafal tapi kayanya ada seri yg lebih ringan dr ini, yg biasa gitu jd lebih fleksibel buat berbagai jenis kulit. tapi kalo kamu kulitnya normal (ga sensitif, ga jerawatan, ga berminyak bgt, ga terlalu kering) harusnya oke2 aja pake ini ;)

      Delete
  6. Sy jg bru coba make wardah sist, soalnya sy kapok pake kosmetik yg katanya racikan dokter dgn efek lbh cepat memutihkan wajah tp alhasil muka sy malah alergi sist, tp pas sy make wardah, kn wardah thu soft gt ya, jd cocok2 aja ama jenis kulit sy yg sensitif,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sampe alergi ya sis .__. kalo aku emg ga berani coba2 yg nawarin hasil cepet, malah nakutin, hehe . mending lama prosesnya, lbh bisa dipercaya. soalnya ga ada hasil yg instan kan sis..

      iya sis wardah soft gitu, makanya recommended buat yg kulit sensitif.. hihi

      Delete
    2. Hiya, saya baru pake night cream-nya selama dua hari ini. Langsung step 2 karena ada diskon di Alfamart :D
      Memang efeknya langsung keliatan. Udah lebih cerah dari biasanya. Padahal baru sebentar aja makenya. Di wajah ketika bangun tidur terasa lembab banget.
      Paling cocok di wajah saya. Beda sama produk night cream lain yang saya coba sebelumnya. Malah bikin kulit tambah berminyak dan jerawatan. Pake Wardah Night Cream kulit saya yang ada jerawat serta bekas-bekasnya seperti terasa lebih mending dari dua hari sebelumnya.
      Puas banget sama Wardah deh :)
      Saya selama ini juga pakai Body Scrub yang ada Olive Oilnya sama BB cream-nya yang mini :D
      OK thanks for posting the review ya Icha

      Delete
    3. Hai Kak Audee makasi buat commentnya :)
      Wah berarti kakak termasuk yg cocok juga ya pake wardah, hihi. Sama kak aku jg puas banget pake wardah, soft gitu buat wajah enak. BB Creamnya gimana kak? aku malah blm coba..
      Samamsama kak, thanks for appreciating ^^

      Delete
    4. Brti kalo sebelumnya Pake dari dokter mau ganti ke wardah langsung ke step 2 ya kak??ga ke step 1 dulu??
      Kmren ak disuruh sama SPG wardah katanya suruh Pake yg essential intensive dulu katanya dipake sampe habis..lha klo itu udah abis lgsg Pake step 2 apa step 1 dulu ya kak??

      Delete
  7. aku blum ada perubahan . gmn ni ya

    ReplyDelete
  8. Sis saya baru nyoba pake wardah smua produk yg lightening series saya beli kecuali serumnya. Emang serumnya justru lebih penting yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. serumnya itu yang intinya sis, kan konsentrasinya lbh tinggi gitu. anyway makasih udah visit dan komen :)

      Delete
  9. Sis saya baru nyoba pake wardah smua produk yg lightening series saya beli kecuali serumnya. Emang serumnya justru lebih penting yaa??

    ReplyDelete
  10. ak juga newbie di dunia per make up an.. dan akhirnya beli langsung yg lightening ini, udah beli yg day cream night cream, face scrub gentle scrub, milkcleanser, toner ama bedak yg two way cake. ga tau kalo ada urutannya gt. hahahaha. makasih ya postingannya manfaat banget.

    sejauh ini, ak udah pernah coba ponds dan nature e, dan lengket! ak ga suka, alhasil pertama make langsung ak buang. karena percuma gak akan ak pake lagi.

    dan setelah sekian lama, akhirnya mau ngerawat kulit lagi, terutama muka, cz bener2 udah dicaci maki temen cz kusem, hahaha. trims anyway.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo sis makasi udah mampir ;)

      Sama-sama sis , sharing is caring, hehe. Dulu aku pas SMA juga selalu pake Ponds sih, dan cocok juga hahaha. Tapi prefer Wardah ternyata, soalnya lebih nyaman di kulit. Yaah sayang bgt sis dibuang :| Semoga cocok sama wardah ya sis hihi

      Delete
  11. Sis, night cream dipake semaleman??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya pas mau tidur gitu sis. jadi selama tidur malem kan jd berproses.. cuma kaya pelembab gitu jadi ga ribet ga kerasa juga dipake semaleman, bukan kaya masker gitu kok :)

      Delete
  12. Sebenarnya aku masih bingung bedanya facial wash sama scrub itu apa -,-. Juga masih bingung pake facial washnya dulu atau scrubnya atau hanya salah satunya? Help me sist! Hahaha. Soalnya aku cocok banget sama produk wardah yg satu ini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau aq, facial wash dapat dipakai setiap hari, sedangkan yang facial scrub itu 2 hari sekali. dan facial scrub dipakai setelah memakai facial wash.karena facial scrub itu gunanya untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati. aq juga pakai wardah, tapi yang untuk wajah berjerawat. aq di kasih tau sama spgnya aturan penggunaannya.

      Delete
  13. wah ternyata bagus ya..

    aku juga ada review, mampir ya https://everythingforarticle.wordpress.com/

    ReplyDelete
  14. Yuk yg pengen punya wajah cantik sehat alami beralih ke jafra. Apa sii jafra? Buruan add line ku shinta-as atau 082155671267. Yg mau join juga bisaa byk bonus nya lho ditmbh free ongkir dari aku :)

    ReplyDelete
  15. Kak aku mau nanya. Kulit aku bisa dibilang hitam. Nah aku kan pengen coba wardah lightening series
    Tapi kalau nanti wajah aku udh putihan trus kulit tubuh aku hitam kan lucu..
    Ada gk kak wardah buat yg mutihin tubuh? Lotion mungkin?
    Kalo ada minta rekomendasinya ya kak. Trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wardah produk lightening y dik bkn whitening. Kalau mau instan dan merata putih perawatan whitening injection aja di dokter kulit heheh

      Delete
  16. ohhh ini toh rahasia cantiknya~ kirrr

    ReplyDelete
  17. Hello sama ni sis. aku sudah 5 bulanan pakai wardah sebelumnya pakai krim dokter realize wajah ku ga butuh obat trs trsan tp butuh produk perawatan.so aku pilih wardah semua sudah di cobain kecuali serum. Hikss susah carinya krn waktu ku utk kerja dan kuliah jrg ke mall jg. Btw. Wardah is a lightening product ya bkn whitening.. wajahku yg eksotis memang looked lighter than before. But still not change to white ;/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga berani pake yg dari dokter gt sis. Hehe. Sebisa mungkin ga perawatan di salon yg aneh2 pokoknya aku. Ditelateni sendiri malah bagus.. iya bukan whitening. Sebenernya emg kita kulit indonesia dasarny bukan putih. Dan gapapa juga asal ga dekil hahaha

      Delete
  18. Waw.. cantik sist..

    Tetep rajin perawatan ya, biar makin kinclong.

    ReplyDelete
  19. Makasih ya kakak atas reviewnya :d sangat membantu banget :d soal e saya lagi cari-cari kosmetik hehe

    ReplyDelete
  20. Pake wardah kalo jangka panjang bisa menimbulkan bulu2 halus di wajah ga sist? Saya pake nav*gre*n beberapa bulan timbul bulu2 halus.

    ReplyDelete
  21. Kak saya pake Wardah udah sebulan awalnya sih jadi bersih rasanya merona, tapi skrg kayanya mukanya berminyak banget, dan skrg malah muncul jerawat jerawat sampe gede2 haduh gimana ya, berhentikan apa gimana ya?
    Sarannya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti ngga cocok sama series yang ini kak. atau mgkn sebelum ini abis pake produk lain dan lgsg ganti wardah itu juga biasanya ngaruh sih kalo mendadak ganti produk dan ga dikasih waktu istirahat dulu. coba diberhentiin dulu aja kalo saran saya sih trs mending konsul ke BA nya Wardah langsung kak. sebelum beli jg konsul dulu harusnya ke BA nya ttg jenis kulit. krn ga semua series formulanya sama

      Delete
  22. Oh gt ya, akhrny mudeng jg soal rangkaian wardah ini, awalnya bngung, br 5 hr ini pake wardah, atas saran kakak aku, nurut aja lgsung beli night cream day cream lotion sm c-defence. C-defence sepertinya bkn termasuk lightening series ya kak? Hehe
    Oh ya soal pemutih saran aja bs pake masker putih telur "alami" hehe, tp untk hasil maksimal bs di tambh produk kcntikan seperti wardah biar lbh kinclong kali ya

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. kak kalo ngilangin bekas jerawat bisa ngga dengan pke wardah lightening series. jerawat sih ngga ada toe bekas item2 gitu...bisa ngga ya.. mohon balesannnya...itu kondisi kukit kk bagaimana berminyak ato normal..? terumah kasih

    ReplyDelete
  25. anyeong oenni^^ kalo nado pakai itu bener2 gak cocok,,menimbulkan berjibun jerawat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah beli barang mahal ternyata ga cocok aga ksebel juga :D hehe

      Delete
    2. Iya masalah make-up itu emang tricky banget. tergantung jenis kulit masing-masing orang ^^

      Delete
  26. Hallo kak, aku baru beberapa hari ini pake wardah lightening series tp wajahku jd beruntusan gitu yaa, ngga panas sih, cuma galau mau aku lanjut atau stop yaa, ada beberapa sumber yg bilang itu efek purging, dulu kakak ngalamin hal yg sama ngga? Hihi thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai maaf baru balas ^^

      Iya kayanya efek purging. Aku sih engga, soalnya dasarnya kulitku emang ga sensitif jadi aku pake apa2 nggak ada masalah :3 Kalo tambah parah mending distop aja sih berarti mgkn ga cocok. anyway makasi uda mampir ^^

      Delete
  27. Pokokny pakai wardah TOP BGT, awalny juga smpet parno krn jrwat pd kluar,trs lbih berminyak..tp lama klamaan ... Muka lbih cerah dan jrwat hilang, tidak brminyak lg.. Yg pling sneng klo bgun tdur..muka lbih kinclong...trimakasih wardah..o ya aku cm pke cream mlm step 2 sm sunblock klo siang sm sbun muka step 2...udah itu ja...alhamdulillah cocok...trmksih wardah..o y aku dlu ornah pke product mercury 3 thn..3x habis cream malam wrdah sdh kinclong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo cocok ya sis, emang skincare susah2 gampang sih bisa cocok bisa engga. Kalo cocok tinggal diterusin aja enak itu. Murah meriah ya cuma pake krim malem sama sabun n sunblock.. hehe. Makasih udah mampir di sini :D

      Delete
  28. Ka kalo pake day N night cream ny bikin komedoan ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jenis kulitnya kak. Tapi sejauh yg ku tau sih produk ini ngga trigger komedo

      Delete
  29. Kak kalo sebelumnya aku udah pake wardah white secret tapi cuman day cream sm facial washnya. Tapi sekarang aku pengen nyoba yg rangkaian lightening seriesnya. Apa aku harus langsung ke step 2 atau step 1 dulu kak ? Banti jawab sista"

    ReplyDelete
  30. Mending mana yg ini apa yng white secret kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaada yg lebih mending krn beda tujuannya. Sesuaikan kebutuhan aja. Kalo white secret itu kandungan utamanya AHA yg merupakan exfoliator, kerjanya mengelupas sel kulit mati biar kulit ga kusam. Lebih keras sedikit dr lightening series dan kalo pake white secret gaboleh absen pake sunscreen, harus rajin banget krn white secret bikin kulit sensitif sama matahari

      Delete
  31. Mba itu efeknya memutihkan wajah ? Dan hasilnya maksimal terlihat berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa lamanya itu ga bisa dipastiin ya sis. Berbeda2 tiap orang. Tp rata2 produk akan memakan waktu plg sedikit 1 bulan utk kelihatan efeknya. Tapi ini bukan patokan ya, spt yg aku bilang tadi, tiap orang beda2.

      Oya ini bukan memutihkan wajah, tapi mencerahkan ya..

      Delete
  32. Toweng..jdi day cream dan sunscreen wardah itu beda..wkwkkw...sepertinya saya lebih newbie dari mbanya nih �� thanks postingannya bermanfaat ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedaaaa hehehe. Memang sebagian besar day cream mengandung spf juga, tp jumlahnya akan kurang dr dosis. Dosis sunscreen yg cukup itu sebanyak panjangnya 2 jari. Dan harus di reapply tiap 3 jam. Kalo hanya mengandalkan day cream, ga cukup 😁

      Delete
  33. Kak itu aman gk biat ibu hamil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejauh yg aku tau aman.. tapi utk lebih pastinya silakan tanyakan ke dokter kandungannya ya 😄

      Delete