Sedikit Cerita dan Pelajaran Saat Kerja Praktek

Ini udah seminggu lebih sejak aku pulang dari kerja praktek di Frisian Flag. Agak kangen sih dengan rutinitas selama di sana .__.

I've passed many happy days and enjoyable moments there, really. Tapi aku ga betah di jakarta sih. Udah kangen jogja dari kapan hari. Kangen aktivitas biasanya, kangen kuliah :p 
Serius deh, aku betah di frisian flag, tapi ga betah sama jakartanya. Huhu~ Sebulan kadang berasanya lama. Ya kalo lagi gabut gitu sih terutama. Atau ketika homesick menyerang. Di saat-saat kaya gitu, hari-hari yang menanti di depan terasa sangaaaaaaat panjang. Tapi kadang sebulan berasa cepet. Tiba-tiba udah hari Senin lagi, udah kerja lagi. Berasa cepet biasanya kalo di pabrik lagi banyak kerjaan dan lagi banyak ngobrol santai sama karyawan di sana. 

By the way, banyak yang aku pelajari di sini. Terlepas dari tugas yang aku kerjain tentunya. Banyak pelajaran yang aku dapet, terutama dari aspek sosialnya. Banyak ngobrol sama karyawan di sana, ngamatin keseharian mereka. Kadang ada beberapa hal yang bikin aku jadi sadar untuk lebih bersyukur sama hidup ini. 

Kali ini, aku mau nulis tentang beberapa hal menarik yang aku inget selama jatek di Frisian Flag. Random aja sih tapi, maklum, my memories never ordered well as it should be :p

1. SERBA RAMAH
Mulai dari orang-orang di office, sampe di bagian produksi, bisa dibilang 90% ramah semua. Ga cuma antar mereka, tapi juga sama kita yang lagi PKL di sana. Bahkan bule-bule petinggi perusahaan pun nyapa kita yang PKL ini kalo pas pagi-pagi ketemu. Saling nyapa terutama di pagi hari kayaknya udah dibiasain banget di sana. Mulai dari parkir, satpam yang jaga parkirannya ramah, trus jalan ke pos satpam di pintu masuk pabrik juga pada nyapa. Masuk ke office, ketemu orang ya say hello. Mampir pantry juga disapa. Begitu masuk area produksi juga aktivitas pertama ya nyapa karyawan dan jabat tangan. Aku menduga jangan-jangan emang ada SOP nya ya buat greet each other every morning gitu -,-  Aku bersyukur dapet lingkungan kerja begini, soalnya aku tipe orang yang susah langsung akrab sama orang baru. Dengan sikap mereka yang welcome banget, aku ngerasa cepet nyaman buat beraktivitas di sana.

keliatan ramah-ramah ya ^,^



2. EFISIENSI WAKTU
Namanya juga industri. Efficiency is a must. Termasuk efisiensi waktu. Aku yakin banget mereka, apalagi yang kerja fisik di bagian produksi, itu capek banget kerja. Tapi mereka ngga pernah ngehabis-habisin waktu dan berleha-leha memanfaatkan allowance time di luar batas. Misalnya, pas jam istirahat sekitar jam 9-10 pagi, atau di jam makan siang. Selesai makan, paling mereka cuma duduk-duduk bentar di kantin sekedar nunggu makanan turun kali ya, trus ga berlama-lama dan balik kerja lagi. Kalo ada yang ngerokok dan mereka ngerasa butuh waktu lebih buat ngerokok, ya mereka nuker itu dengan waktu makan mereka, jadi makannya dicepetin trus langsung cabut ke area ngerokok. Jadi mereka semua sadar bahwa ada kerjaan alias kewajiban yang nunggu mereka. Ga cuma dalam hal makan dan istirahat aja. Bahkan aktivitas sehari-hari mereka aku amatin ya serba cepet, jadi ga ngebuang banyak waktu. Misalnya, ke kamarmandi, ganti sepatu, pake masker, buka pintu (pake kartu akses sama mencet2 password gitu), cuci tangan dan ngeringin tangan, naik turun tangga, bahkan jalan kaki aja cepet. Salut deh (y)

3. HIGIENIS
Sebagai industri susu berkelas internasional, yang namanya kualitas produk udah pasti jadi hal nomer satu. Berhubung produknya susu, yang notabene produk gampang terkontaminasi, jadi segala proses harus dijamin higienis. Pekerjanya pun harus ngejaga kebersihan, baik diri sendiri atau lingkungan kerjanya. Standar kebersihan di sini, ya jangan dipertanyakan lah. Emang terkesan ribet, tapi justru ini emang hal yang seharusnya dilakuin demi ngejaga kualitas produk, demi konsumen, dan ujung-ujungnya ntar kan profit maksimal juga. Jadi, di sini itu setiap masuk ke area tertentu, ada hal-hal yang wajib dilakuin. Misalnya di area proses produksi susu tempat aku sehari-hari disana. Setiap mau masuk, harus pake hairnet, lab jas, safety shoes, dan cover shoes. Trus juga harus cuci tangan pake sabun, tangan dikeringin pake hand dryer, trus pake hand sanitizer. Awal masuk sana aku agak underestimate sebenernya, 'Ah paling aturan doang, ga yakin pekerjanya di sana pada nepatin ini, toh ga ada yang ngawasin, indonesia kan biasanya gitu'. Dan ternyata aku salah. Kesadaran pekerjanya bagus banget. Tanpa ada yang ngawasin pun mereka nerapin standar kebersihan yang seharusnya. Dijadiin kebiasaan sama mereka setiap harinya. Cool (y)

beginilah penampakan saya sehari-hari: jas lab, safety shoes yang dibungkus plastik bernama cover shoes, dan hair net


4. TERATUR
Segala hal di pabrik ini serba teratur. Ya di office ya di area produksi. Selama ini aku cuma tau teori aja kan. Tentang manajemen industri, sistem produksi, tata letak industri, etc. Dan di sini, aku dapet kesempatan buat liat penerapan itu semua di industri yang nyata, industri besar. I admit that I'm amazed by everything in this place, haha. Tempat pertama yang aku masuki itu library, dan tempat ini jadi basecampku selama jatek. Kecil sih ruangannya, paling 5x4 meter gitu. Tapi, bersih dan rapinya ituuuuu :3 Semua buku dan dokumen disusun secara terstruktur dan rapi. Dokumen-dokumen dari satu sub-bagian dijadiin dalam satu map besar dan masing-masing map dinamain, dikasih nomer kode secara teratur. Tiap dokumen dari sub-bagian ini disusun di rak dalam satu bagian, jadi orang bakalan gampang nyarinya karena susunannya organized banget. Selain penomeran, mereka punya metode nyusun yang oke, mereka nyebutnya visual management kalo ga salah. Jadi di setiap punggung map itu dikasih stiker warna (dan kalo gelap ntar bisa glowing) dengan kemiringan tertentu, yang kalo nantinya dijejerin sama map dari bagian yang sama bakal ngebentuk pola garis miring. Begitu beda bagian, beda lagi warna stikerny aja dan beda pola garisnya. jadi, kalo ada satu aja yang ilang atau ga ditempatin dengan bener, bakal langsung keliatan dengan gampang. 

5. KERJA KERAS
Aku ngga terlalu tau untuk yang bagian office karena area kerja aku kan di bawah, di area produksi, jadi yang aku ceritain ya terbatas mengenai orang-orang yang kerjanya di area produksi ini. Sebagian besar pake sistem shift. Ada 3 shift di sini; shift 1 masuk jam 07.00-15.00, shift 2 jam 15.00-23.00, trus shift 3 dari jam 23.00-07.00 pagi. Semuanya masuk setiap hari, kecuali QC Lab. QC Lab ini karyawannya pake sistem regu, ada 4 regu, jadinya jadwal mereka beda sama yang lain. Mereka ini, 2 hari masuk pagi, 2 hari masuk siang, 2 hari masuk malem, 2 hari libur. Buat yang masuk setiap hari ini lho. Mereka pasti capek, aku yakin, dan ketika ditanya pun jawaban mereka emang "Ya capek mbak, namanya juga masuk tiap hari". Tapi mereka ga keliatan capek, asli deh .__. Dunia kerjanya keras sih menurut aku. First, they live in Jakarta *you know what I mean*. Second, their work environment is sooooo yaampun gimana ya ngejelasinnya. Jadi kan isinya tuh serba tanki-tanki besar, pipa-pipa di sana sini, mesin ini itu, kadang ada air di lantai karena lagi ngebersihin mesin. Jadi ya ini bukan area yang bisa kamu jadiin tempat lari-larian atau jalan sambil mainan hape, karena sempit (namanya industri pasti efisien tempat), puanaaaasssss, dan bising. Belom lagi harus waspada sama signs yang ada di sana such as "Awas kepala anda" atau "Caution" dan sebagainya, karena bisa aja pas kamu jalan tiba-tiba ketemu pipa panas di depan jidat dan kamu harus nunduk buat ngelewatin itu. The last, overtime become a very-ordinary-things. Jangan dikira kalo lembur (yang tadinya 8 jam jadi 12 jam) trus uangnya jadi melimpah banyak. They're not paid much for it *pukpuk* Tapiiii mereka tampak happy. Ya tampak sih. Tapi seenggaknya jadi menangkap kesan kalo mereka seneng dengan kerjaan mereka. Yang bikin aku kagum sama mereka, sebagian besar dari mereka, walaupun pekerjaannya bukan jenis pekerjaan elit (ga maksud ngerendahin sama sekali, justru ini yang bikin aku salut) tapi jangan dikira mereka cuma sekedar skilled labours, they are educated workers. Mereka bukannya gondes-gondes yang bekerja karena males sekolah, mereka juga bukan sekedar punya fisik kuat buat kerja, tapi mereka berpendidikan. Banyak banget dari mereka yang kuliah dan IPnya bagus. Dan yang bikin salut lagi, mereka kuliah itu sambil kerja. Jadi mereka di usia sekitar 26 itu udah lulus kuliah, udah punya pekerjaan dan udah nikah. Kalo yang umurnya 28-30an gitu biasanya udah punya anak, kadang dua anaknya. Kalo masalah nikah muda sih ga semuanya, tapi yang jelas, hampir semuanya sebelum umur 30 itu dipastiin udah lulus kuliah dengan IP yang gak seadanya dan punya pekerjaan. Mungkin karena ini Jakarta, hidup di sini kan keras, jadi usaha juga harus keras kali ya~ 

Ada satu cerita dari kenalan aku di sana. Dia kerja di bagian dumping. Umurnya 2 taun di atas aku. Kerjaan di dumping ini berat. Full kerja fisik pokoknya. Jam kerja 8 jam nonstop (kecuali lagi mati listrik) dan dia nyambi kuliah jurusan IT. Jadi kalo shift dia lagi yang pagi, ya dia kuliah sore, dan sebaliknya. Hebatnya, IPnya bagus. Selalu cumlaude dan bahkan katanya IP terakhirnya 4. Jangan sampe kamu yang baca ini komentar, "alah paling ya universitas mana gampang dapet IP bagus". Dude, di manapun kamu kuliah, kalo ga ada semangat dan cara kuliahnya males-malesan, IP 4 pun tetep mustahil. Apalagi kalo disambi kerja yang bikin capek banget. Aku aja yang cuma PKL tiap pulang kerja rasanya capek banget dan selalu cuma tidur-tiduran. Ga kebayang kalo kaya gitu disambi kuliah. Aku pikir, aku kapan belajar, aku kan pasti capek, bla bla bla. Tapi pas aku ngomong gitu ke dia, dia bilangnya, "ya jangan nurutin capeknya mbak" intinya gitu. Jadi ya istirahat itu seperlunya, jangan males-malesan. Dia cerita kalo dia selalu nulis impian dan targetnya dia di kertas. Dan dia selalu baca itu. Jadi kalo dia ngerasa males ato ga semangat, dia baca lagi catetan target dia buat motivasi biar semangat lagi. Dan hasilnya? IP meningkat terus sampe udah pol dapet IP 4. WOW. Sebagai sesama mahasiswa, aku ngerasa malu. Malu sama diri sendiri. Aku ngga perlu kerja capek buat dapet uang. Aku ngga perlu bingung ngatur waktu kuliah dengan waktu kerja. Aku enak bisa kuliah di kampus bagus kaya UGM ini. Tapi semangat dan daya juangku jauh di bawah dia. IP ku mana pernah cumlaude. Jadi ngerasa payah. Seharusnya dengan fasilitas dan kenyamanan yang udah aku punya saat ini aku bisa lebih bagus dari dia. Tapi ya mungkin justru kenyamanan ini yang bikin daya juang jadi rendah. Pelajaran berharga banget lah buat aku, biar lebih semangat dan bersyukur lagi.

6. KRISIS WANITA 
Ini adalah hal paling khas, ga cuma di sini, tapi (aku pikir) di semua industri yang hampir semua karyawannya cowok. Berhubung jarang liat cewek pas lagi kerja, sekalinya ada anak PKL dateng kesana girangnya bukan main. Digodain udah biasa. Entah sama yang muda hampir seumuran, atau sama yang udah nikah bahkan punya anak. Aku sama temenku sih slow aja, ya memahami lah. Temen-temen yang jatek di industri dengan karyawan yang hampir semuanya cowok pasti ngerasain pengalaman yang sama juga. So, take it easy~


Yaaaaa ini sebagian cerita selama jatek di Frisian Flag plant Ciracas~
Sebenernya masih buanyaaak banget yang bisa diceritain dan dibikin post di blog ini. Tapi, saking banyaknya aku sendiri malah bingung gimana nyusunnya biar enak dibaca nyusun postingan di blog aja bingung gimana mau nyusun laporan jatek atau nyusun skripsi ya pfffffft selain itu aku juga bingung kapan ngepostnya, jarang-jarang buka blog , ngenet sekarang juga relatif jarang sekarang ini. There will be much late posts in my blog. Hehehe.

Sekian #jatekstories kali ini. Lain kali dilanjut lagi. Bye and salam laporan jatek! \m/

pamer dikit boleh keleus :p

Share:

22 comments

  1. ka.. mau nanya.. dulu PKL disana syaratnya apa aja ?

    mohon bantuannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. persyaratan dr perusahaan sih ngga ada ya.. cuma dulu telfon dulu ke bagian HRDnya, terus nanya lg bisa nerima PKL nggak utk periode bulan sekian sampe bulan sekian. Kalo bisa, biasanya dilanjutin dg ngirim proposal ke sana. Utk proposal, formatnya udah ditentuin dr kampusku dulu, ngga ada ketentuan dr PT FFI nya. Kalo proposal udah dikirim, rajin2 aja ngecek ke sana untuk nanya follow-up nya apakah bisa diterima atau enggak. Gitu aja kok.. Semoga membantu ya. Kalo mau nanya2 lbh lanjut bisa hubungi facebook aku :)

      Delete
  2. seruuu banget ceritanya :D saya tertarik untuk kerja praktek/magang disana untuk bulan agustus 2015, kalo boleh tau kak Icha ada kontak HRDnya nggak yah? terus untuk pengiriman proposal via email atau pos? untuk alamat emailnya bisa dikirim kemana kak? terimakasih sebelumnya, info dari kakak pasti akan sangat membantu :) ditunggu reply nya yah kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai anonymous, makasi udah komen di blogku :D
      Proposal via pos, jadi hardcopy. Kirim ke alamat FF yang plant Pasar Rebo, alamatnya Jalan Raya Bogor Km.5, Pasar Rebo, Jakarta, 1376. Kalo utk kontak HRD aku punya nomor pribadi salah satu orang HRD tapi aku ga berani kasih ke siapa2, takut kesalahan aja. Telfon aja ke nomor resmi kantornya, utk plant Pasar Rebo +62 21 8400611 kalo utk plant Ciracas +62 21 8410945 . Dicoba aja, goodluck! ;)

      Delete
  3. Halo, Mau nanya kak,kerja praktek di PT.Frisia Flag ada diberi fasilitas apa saja ya kak? Apakah akan diberikan tunjangan dan makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo juga! Emm kalo tunjangan berupa kendaraan atau uang ya ngga ada. Soalnya kl aku dulu tuh kerja praktek/PKL, bukan magang. Kalo makan ya dapet disana ada 3 kali waktu makan dan ada snack time. Kita ikutan aja ke kantin brg karyawan2 lain. Sama fasilitas kesehatan sih..

      Delete
  4. di PT. Frisia Flag, ada test nya masuk pkl disana? atau cuma kasih proposal ajah terus diterima..

    ReplyDelete
  5. Mbak, waktu itu nama hrdnya siapa yang nerima PKL?kirim ke karamiko.Alexander@gmail.com aja mbak.:)

    ReplyDelete
  6. Mbak, waktu kp disana judul untuk laporan kp mencangkup semua kegiatan yg dilakukan atau hanya salah satu kegiatan misal (produksi freshmilk) dan apa ada catatan mengenai daily activity setiap harinya di buku kegiatan semacam itu mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Format laporan dari kampusku sih lengkap, jadi bagian tugas umum diisi semua hal ttg perusahaan termasuk kegiatan produksinya secara umum. tapi di bagian tugas khusus yang dibahas cuma salah satu aja, kebetulan topik yg tak ambil bagian susu kental manis jd lebih difokusinnya disitu.

      daily activity ya pasti ada, disesuaikan dg data yg kita butuhin. tabelnya ya bikin sendiri krn kan kita yg tau kita butuh data apa. kalo aku kan ngitung losses material di proses produksi susu kental manis jd daily activity yg tak pantau ya ttg jumlah2 bahan baku yg terbuang di setiap batch produksi, gitu

      Delete
  7. sama mbak aku jg dapet topik bagian produk skm nah itu kan ada 2 tempat ciracas&pasar rebo, nah mbak bahas keduanya atau hanya satu aja mba? aku masih bingung sama bahasannya nanti hehe:)
    oiya boleh aku menghubungi mbak lewat email yg ada di kontak?

    ReplyDelete
  8. mba mau nanya kalo KP di frisian flag biasanya kita di kasih judul yang baru (judul berbeda dengan proposal yg kita kirim)ga? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari kamunya udah ngajuin judul bisa aja pake itu. Tapi resikonya biasanya ya belom tentu itu permasalahan real ada di lapangan. Jd ya mereka sebagai pihak penyedia informasi aja. Tapi kalo belom bawa judul or topik sendiri, sana juga mau ngasih kok. Jd kita dikasi problem real yg ada di sana. Tapi ya dua2nya sama2 dibimbing kok. Intinya bisa kalo udh punya topik sendiri

      Delete
  9. Hai mba. Kalau KP di FFI apakah menerima untuk ditempatkan di bagian QC? Terimakasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga. Iya nerima. Disesuaikan sama jurusannya. Sama topik yg kamu ambil. Kalo aku di produksi kan krn teknologi industri hehe

      Delete
  10. hai kak, salam kenal :) mau tanyaa, kalo praktek kerja disana jadwal kerjanya mengikuti shift kerja di sana atau ada jadwal khusus ya? saya berencana untuk praktek kerja disana di bagian QC. Makasih kak ^^

    ReplyDelete
  11. kak, salam kenal :) mau nanya kak, di ffi sendiri ada kuota tiap univ yang mau kerja praktek disana ga? oiya kak kalo bikin proposal gitu, tiap univ satu atau tiap orang satu meskipun satu univ kak?
    makasih kak

    ReplyDelete
  12. kak, aku mau nanya. jd kalo kita PKL disana berapa lama waktunya? kita nentuin ato dr prusahaan yg nentuin?

    ReplyDelete
  13. Halo saya senang sekali atas infonya. Saya ingin bertanya, apakah ada ketentuan khusus dari frisian flag selama kp? Seperti metode pengambikan datanya, mengenai laporan dll? Terima kasih atas perhatiannya :)

    ReplyDelete
  14. Halo kenalin aku putri, sebelumnya terima kasih untuk infonya. Aku mau tanya dong kak, proses awal sampai bisa diterima itu apa aja ya? Lalu tips supaya diterima gimana ya? Apakah harus ada senior yang dulu pernah magang di sana? atau ada orang dalam?

    ReplyDelete
  15. Ka apa bisa kalo kita naro surat pkl disana tapi kita bagian administrasi perkantoran?

    ReplyDelete
  16. Hai kak salam kenal. Kalo kita KP ngambil topik PPIC bakalan di terima gak ya? Soal nya aku rencana mau ngajuin proposal di PT. FFI
    Terima kasih :)

    ReplyDelete