Medhok? So What~

Karena apapun yang terjadi, logat medhok ini gabisa ilang~

Sekalipun saya berada di Jakarta di mana orang-orang di sekitar saya pada make logat lu-gua.
Ya saya emang dari Jogja og, mau gimana lagi. Medhok-nya gabisa ilang. Ngomong pake bahasa Indonesia pun tetep aja kedengeran medhok.


"Dari Jogja ya mbak?"

Yooo meeeen kalimat tanya tersebut adalah yang paling sering saya dapetin selama di Jakarta kemaren. Entah pas kenalan sama orang-orang kantor, entah pas di satpaman tempat parkir kantor, bahkan pas beli obat ke apotek pun mas penjaga apoteknya langsung nebak kayak gitu. Sebenernya, saya malah nggak ngerti, nggak bisa bedain mana medhok Jogja atau bukan. Yang saya tau logat jawanya beda itu cuma Jawa Timur. Kalo medhok ala Jogja atau Jawa Tengah saya ngga ngerti bedanya di mana. Paling kalo agak selo merhatiin orang ngomong gitu ya agak ngerti logat medhoknya Klaten sama Salatiga. Oh ya, sama logat ngapak yang jelas. Selain itu, mana saya tau bedanya medhok Jogja sama bukan xD

Biasanya pertanyaan itu berlanjut menjadi suatu dialog kira-kira seperti ini:

"Dari Jogja ya mbak?"

"Iyaa, kok tau?"

"Soalnya mbaknya istimewa, kayak Yogyakarta.."

...

Oke fine. Saya maksudnya becanda.
Bukan seperti itu kok.

"Dari Jogja ya mbak?"

"Iyaa. Lho kok tau e?"

"Keliatan mbak.."

"Lho apanya?"

"Yaa cara ngomongya beda. Keliatan alus gitu"

...

WAKWAKWAKWAKWAKWAKWAK

ALUS. Yeah. Kalian teman-teman saya yang sukanya ngunekke saya nggentho, mendes, dan semacamnya, denger ya, di Jakarta saya terlihat alus. Halus = lembut. Camkan itu teman-teman, camkaaaan~~!

Malah ngopo.

***

Anyway, saya bangga kok jadi orang Jogja. Ada sih yang ngeledekin logat medhok saya ini pas di Jakarta. Tapi saya sih selow aja. Hihi. Justru kalo aslinya medhok terus sengaja ikut-ikutan logat Jakarta dengan alasan malu atau biar keren karena nganggep Jakarta itu kiblat kegaulan dunia *halah*, itu malah menurut saya sih kaya ngga bangga dengan asal usulnya, dengan budaya lokalnya. Biarin aja diledekin, biarin aja dianggep lucu, atau dianggep kampung. Nyatanya, orang-orang di Jakarta juga sebagian besar aslinya kan dari Jawa juga. Dianggep kampung? Silakan. Yang penting bukan kampungan, ya gini-gini saya mahasiswa UGM, jadi jangan sembarangan ngecap kampung atau ndeso hanya karena logat medhoknya.

Emang ada yang salah dengan logat medhok?
Emang logat lu-gua yang ada di Jakarta itu bukan logat lokal suatu daerah?
Bedanya apa, kan sama-sama logat bicara suatu daerah?

Stereotype. 
Yak. Anggepan yang udah memasyarakat, anggepan yang sebenernya cuma pikiran dari sebagian orang aja pada awalnya. Sedikit banyak peran media juga di sini. Contohnya dari acara TV. Dengan tokoh yang digambarkan 'gaul' kemudian dia ngomong lo-gue dan sebagainya, jadilah orang berpikiran, "Oh, jadi kalo mau keliatan gaul itu ngomongnya harus jakartaan gitu". Di satu sisi, coba liat acara FTV yang settingnya di (kebanyakan) di Jogja. Pasti tokoh yang ceritanya orang asli Jogja situ digambarkan medhok secara berlebihan. Terus dilanjutin dengan visualisasi tokoh yang kesannya bikin keliatan desanya tu jadi ndeso banget. Ah gimana ya jelasinnya. Contohnya gini, tokoh utama cewek orang asli Jogja (biasanya digambarkan dengan baju yang sederhana banget, medhok, punya kebon atau bapaknya petani) ntar dia terlibat cinlok sama tokoh utama cowok yang orang kota yang lagi dateng ke desa itu buat KKN atau semacamnya (digambarkan dengan tampilan kece, anak kuliahan, ngomongya lo-gue). Perhatiin aja. Perhatiin. Perhatiin gimana logat medhok (atau spesifiknya Jogja) divisualisasiin secara berlebihan yang akhirnya membentuk pola pikir masyarakat bahwa "medhok itu ndeso", atau "ah aku gak mau keliatan medhok ah ntar dibilang kampungan", atau "mending ngomong lo-gue ya, kayaknya keren, kayak mas-mas Jakarta yang di FTV-FTV itu"


Hello~

Banggalah dengan asal kita. Kalo emang orang Jogja, apalagi asli Jogja, kenapa mesti malu medhok? Kenapa harus sok-sokan lo-gue dan malu dengan logat aslinya? Kenapa harus berusaha ngilangin medhok begitu menginjakkan kaki di ibukota? Sana punya logat sendiri, yaudah sih. Kalo mau nyesuaiin ama tempat kenapa ga sekalian aja, kalo kamu ke Medan pake logat Batak, kalo kamu lagi liburan ke Bali pake aja logat Bali, kalo kamu KKN ke Papua pakelah itu logat Papua. Jangan cuma mau lo-gue aja karena terjebak stereotype bahwa lo-gue itu adalah logat yang keren karena berasal dari ibukota. Itu namanya krisis jati diri :3 Cuma saran sih. Hihihi :3

So, walaupun di Jakarta kemaren ga jarang juga diketawain gara-gara ngomongnya medhok, saya tetep selow. Saya seneng-seneng aja. Justru itu jadi ciri khas, mereka jadi langsung tau kalo saya dari Jogja dan menurut saya sih justru saya jadi gampang diinget. They might not know my name, but they'll always remember me as "anak PKL dari Jogja, yang medhok itu lho". Hahaha.

Jadi, sekali lagi, banggalah dengan apa yang kamu punya sebagai ciri khas, termasuk logat bicara, salah satunya ngomong medhok.

Sekian, salam tempel!







Share:

1 comments

  1. saya juga pernah merasakan hal seperti ini, anyway saya malah bangga mbak wkwkwkwkwk. Akhirnya ada yang menghargai kemedhokan saya wkwkwkwk. Tetapi tetep aja kalau saya ngomong sama org JKt asli, akan saya rubah menjadi lu gua. Bukan karena gk mau keliatan ndeso, tapi setiap saya bilang pake "aku kamu, selalu dibalas lu gua" , bahkan ada teman saya cowo sampe jijik jika saya bilang aku kamu terhadapnya hahahahaha, dan saya pun akhirnya pakai lu gua terhadap orang" tertentu saja. Lha tiap di kantor malah bahasa jawa terus wkwkwkwk.

    ReplyDelete