Sampah Dunia Yang Kurang Bersyukur

Nulis random ah~


Hari ini, sebelum nulis ini, tiba-tiba aku merasa sampah banget. Aku merasa gagal jadi manusia hidup (ambigu ya? biarin). Habisnya, aku merasa selama hidup ini aku jadi orang kok ga bersyukur banget kayanya. Bukannya aku gak pernah ngucap 'alhamdulillah' tiap dapet kesenangan, bukannya aku gapernah berterima kasih dengan orang sekitar, bukannya aku ga pernah ngucap 'makasih Tuhan, hari ini semua berjalan baik', bukannya aku selalu ngelupain segala kenikmatan dan kemudahan dalam hidup, atau sejenisnya. Aku bener-bener jadi orang yang ga bersyukur dengan caraku ngejalanin hidup selama ini. Iya, cara hidup. Jujur aja, solatku masi bolong-bolong, telat-telat juga. Pffffft sampah banget ga sih. Udah gitu, masi sering merasa kurang dengan apa yang aku punya sekarang. Emang aku bersyukur begitu dapet sesuatu, tapi habis itu ada aja hal lain yang bikin aku meratapi sesuatu yang lain. Mungkin waktu kecil dulu aku terlalu menelan mentah-mentah perkataan seseorang dewasa yaitu "Kamu kalo ngeliat ke bawah terus nggak bakalan tau kalo di depanmu ada pohon gede. Kamu perlu ngeliat ke atas biar ga cepet puas dengan apa yang udah didapet". Trus sekarang terlanjur salah gitu deh mindsetnya. Duh.

Tidak bermaksud mengumbar kejelekan pribadi sih. Cuma sedang...apa ya? Refleksi gitulah bahasa kerennya. Mungkin juga sebenernya banyak orang yang ngerasa atau seenggaknya pernah merasa gini, merasa jadi sampah dan merasa useless hidup di dunia. Cuma, banyak orang yang mungkin dalam bawah sadarnya itu semacam 'menolak' keburukan mereka sendiri dan lalu nyiptain zona nyaman mereka sendiri dengan meyakinkan diri bahwa "Aku ga gitu kok" atau "Aku sih ga separah itu". Kemudian menganggap everything's okay dan berlanjut dengan kehidupan biasanya. 

Kenapa jadi kejauhan gini ngomongnya -_-

Kepikiran nulis ini sebenernya ga tiba-tiba banget sih. Ini gegara beberapa hari berturut-turut aku ngeliat beberapa orang yang...apa ya? Bisa dibilang mengundang rasa iba gitu. Sebenernya bukan hal yang wow banget sih, malah bisa dibilang hal biasa. Cuma, di tengah kehidupanku sekarang yang penuh ketidakpedulian dan kekerasan hati ini  (bahasanyaaaa :v), ngeliat peristiwa kecil macem ini udah cukup nyadarin juga. Jadi, pertama, beberapa hari yang lalu aku kan ke bank yang di depan RS Bethesda itu, nah pas aku parkir kan kebetulan aku dapet space di pojokan, lha motorku tu mepet sama tembok tangga samping sebelah timur *kampret kenapa susah ngejelasinnya* Nah di pojokan tembok itu, ada seorang nenek yang lagi ngelapak. Lesehan di konblok parkiran itu, Jadi sebenernya yang ngeliat si nenek itu pasti cuma sebagian orang yang parkirnya di pojok-pojokan situ atau orang yang mau ke supermarket belakang bank. Intinya itu tempat ga strategis banget, ditambah lagi neneknya itu lesehan di konblok gitu aja, kepanasan, dan kalo ujan ya jelas keujanan. Lapaknya dia pun cuma dialasi sama karung, keliatannya juga karungnya itu sebenernya wadah dagangannya dia. Nenek itu jualan pisang, kacang, sama ada satu lagi tapi aku lupa apaan :B Dan masing-masing dijual dalam jumlah sedikit. Kali aja sebenernya itu juga hasil kebun dia sendiri *sotoy* atau mungkin ya modal dia cuma cukup buat beli segitu. Sebenernya kasian akunya, secara aku dari kecil walaupun aku orangnya tegaan itu paling gampang tersentuh sama hal-hal begini, orang tua yang sendirian sedang berjualan sesuatu.. Tapi aku waktu itu sama ibu aku kan, dan aku sama sekali ga megang uang sendiri, sementara ibuk cuek aja dan langsung ke tempat tujuan, ke dalem gedung bank. (Besides, my mom isn't a type of person who will blow her money easily, even for a thing like this ._.) Yaudin...

Pada saat itu, aku cuma mikir, nenek itu dengan keadaan kaya gitu, ga ngeluh, ga ngomel-ngomel, dan mash bisa tetep sabar dalam usahanya. Padahal dia disuguhi pemandangan berupa orang-orang yang berseliweran dengan penampilan mewah, kendaraan bagus, dan sebagainya. Kalo dia mau protes, bisa banget kan? Misalnya, "Kenapa orang-orang banyak bisa hidup enak gitu sedangkan aku di sini harus capek-capek jualan kepanasan, belum tentu juga jualannya habis". Tapi dia nggak gitu. Pas itu aku cuma mikir, aku pernah disuruh ngebis waktu motor aku disita aja malesnya setengah idup. Aku gamau kepanasan, aku liat temen-temenku hampir ngga ada yang ngebis, 'so why should I?' pikirku. Saat itu sempet terbersit rasa malu, betapa songongnya aku dan betapa ngga bersyukurnya aku sebagai manusia. Sedangkan yang lebih sengsara dari aku aja bisa sabar dalam ngejalani idup, kenapa aku gini? 

Kejadian kedua dan ketiga, semuanya hari ini, Rabu 26 Juni, siangan gitu pas aku cuss dari kampus mau kekosan temen. Di deket belokan depan kampus aku, jadi di seberang gerbang depan kampus gitu, kan ada trotoar, nah sepintas aku liat ada bapak-bapak agak tua (atau mungkin tua, aku ga merhatiin soalnya aku kan ngebut) lagi berdiri di samping sepedanya. Berdasarkan bentuk kotakan berasap yang ada di belakang sepedanya dan berdasarkan bau yang tak cium pas aku lewat itu, I can make sure kalo bapak itu lagi jualan putu. Tau putu gak? Kalo gatau, tak kasih tau, putu itu makanan dari kelapa yang diparut trus dalemnya ada gula jawanya gitu, dikukus, bentuknya silinder dengan ukuran kira-kira 6-8cm diameter 3cm gitu. Enak, gurih manis gitu, pas kecil aku sering makan soalnya jaman taun 90-an ni makanan masi sering beredar di perumahan aku. Sekarang udah susah dicari, bahkan di lingkungan tempat tinggalku udah ga ada. Makanya agak terharu juga tadi ngeliat itu. Di taun 2013, di saat aku udah jadi anak kuliahan, siang-siang di kampus liat orang jualan putu. Pemandangan yang agak janggal sebenernya sih. Tersentuh aja, soalnya jaman sekarang udah jarang orang beli itu, apalagi di kampus. Tapi bapak itu toh ga mikir susah-susah apakah lokas dia strategis atau engga, apakah jaman seakrang orang masih banyak yang tertarik beli. Yang dia pikir ya cuma gimana caranya ngelakuin hal berguna dalam hidup, berusaha nyari nafkah dengan halal dan tanpa mengeluh. Suatu peristiwa kecil yang lumayan menohok lagi buat aku, pasalnya akhir-akhir ini aku entah kenapa lagi gampang banget emosi terutama sama orangtuaku karena ada beberapa hal yang aku pengen tapi ga keturutan. Sampah sekali aku hahahaha. Dengan segala keenakan yang udah aku dapet aku masi kaya gitu. Kalo dipikir-pikir bapak tadi juga pengen banyak hal, pengennya hidup enak apa-apa keturutan, tapi toh dia ga ngeluh walau itu ga terpenuhi. He makes an effort instead. Dan aku? Bisanya nuntut. Cih. Apa banget. Dan mungkin ga cuma aku yang kaya gini ya kaaaan :3

Kejadian selanjutnya adalah di perjalanan balik ke kampus (Jadi tadi dari kampus-kos temen-kampus lagi, gitu. Oh, apa? Ga ada yang nanya ya? Oh oke maaf). Lokasi persisnya di deket pertigaan, utara kolam perikanan. Ga dhong? Yaudah sih gapenting juga. Nah sepintasan aku ngeliat di trotoar ada bapak-bapak lagi, dia lagi duduk di deket keranjang pikulan jualannya. Ada 2 keranjang, yang satu isinya nasi bungkus banyak gitu, yang satunya isinya.... aku lupa. Pokoknya bukan makanan. Oke aku selalu lupa hal-hal kecil begini sori ya aku emang pelupa zzzzz baiklah lanjut. Intinya bapak-bapak ini lagi jualan. Kalo bapak tadi pake sepeda, bapak yang ini  jalan, soalnya satu-satunya barang yang ada di deket dia cuma keranjang pikulan itu. Padahal itu siang-siang loh. Panas ndhrandhang gitu deh. Tapi, bapak itu ga cemberut atau ngomel-ngomel. He stay calm and keep smiling. Sedangkan aku, yang lagi di atas motor menuju kampus sedang sibuk ngomel mengeluhkan betapa panasnya dan betapa nyeselnya aku ga pake jaket dan sarung tangan. Padahal cuma jarak kosan temenn (utara selokan) sampe kampus FTP doang. Mungkin kalo di perjalanan ada semacam komdis gitu aku udah ratusan kali diteriakin, "Manja kamu dek!!" karena aku ribut ngeluh kepanasan di perjalanan yang sejauh kodok ngeloncat itu. Itu padahal aku naik motor, padahal deket, padahal bukan dalam rangka lagi nyari uang, padahal bukan dalam keadaan "kalo ga bertahan kepanasan gini aku ngga bisa makan seharian" seperti bapak itu. Yaaaah kembali lagi saya merasa sampah, sodara-sodara.

Tanpa kita sadari, kita mungkin niat jadi orang yang bersyukur, ya mana ada orang yang ngrencanain hidup sebagai orang gatau diri kan. Tapi ya selalu ada momen-momen yang dengan atau tanpa kita sadar di mana kita jadi orang yang kaya gitu, yang ga bersyukur. Tindakan sepele, tapi ternyata kalo pas sadar, ya itu wujud ketidakbersyukuran kita sama hidup dan segala kenikmatannya ini. Aku malu sih, sebenernya. Aku terlalu dan selalu ngeliat ke atas sampe lupa kalo masi banyak banget yang ada di bawah. Aku salah mengartikan "Jangan selalu ngeliat ke bawah" itu tadi. Harusnya aku bukan "selalu ngeliat ke atas", tapi ngeliat ke depan. Jadi aku tau apa yang ada di atas dan apa yang di bawah tanpa nabrak pohon yang mungkin ada di depan aku. Ribet? Ya gitu aja deh pokoknya gausah protes kalo bingung~

Ya aku berterima kasih sama Tuhan karena ternyata sampe saat ini pun Dia masi peduli sama aku dengan ngasih liat kejadian-kejadian yang seenggaknya bikin tertohok dan sadar kalo hidup ini terlalu bagus buat diratapi. Sejelek apapun yang lagi kita alami, seberat apapun masalah yang lagi kita hadapi, sebanyak apapun hal yang dipengenin tapi belum keturutan, se-boring apapun hari-hari kita, ya tetep itu sesuatu yang harus disyukuri, bukan dikeluhin. Semoga aku, kamu, atau siapapun yang ngerasa hal yang sama ini besoknya bisa lebih baik dan semakin baik dalam hal mensyukuri hidup. Iya, sebelum segala kenikmatan hidup ini dicabut sama Tuhan, sebelum waktu kita untuk menikmati hidup ini di-stop juga. 

Udah gitu aja, ga ngerti gimana bikin paragraf penutup yang baik :B


Selamat liburaaaaaaaaan (bagi yang udah liburan seperti saya :p) dan selamat menikmati hidup dengan benar. Salam kimcil! \m/


Share:

0 comments