[REVIEW] Oshun Kefir (masker kefir alami)

Haiiiii!!!! 

Aduh ini blog udah berdebu sama banyak sarang laba-laba kayanya. Lama banget ga disambangin. Dan udah super lama ngga nulis review produk kosmetik. Bukan apa-apa sih, tapi suka males motret2 barangnya dan mindahin foto2 ke laptop xD

Tapi.. kali ini aku lagi mood dan juga foto yang diambil buat ngereview ngga perlu terlalu banyak. Jadi aku bikin deh review ini.

Di postingan ini aku mau review tentang produk yang namanya Oshun Kefir. Apa sih Oshun Kefir itu? Oshun sih merknya ya, trus kefir itu salah satu dairy product alias produk turunan susu (kayak keju sama yoghurt) yang sekarang lagi booming banget di kalangan para beauty enthusiast buat dipake sebagai masker.

Nih aku kutipin dari wikipedia tentang apa itu kefir, in case ada yang belum tau:

Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi yang berasal dari daerah Kaukasus. Cara pembuatannya adalah dengan memasukaan butiran kefir ke dalam susu sapikambing, atau domba. Kefir tradisional dibuat di dalam tas kulit kambing dan digantung di dekat pintu, tas ini akan bergoyang ketika seseorang membuka pintu sehingga susu dan kefir akan tercampur.

Seleb2 juga banyak nih yang jualan masker kefir. But, to be honest aku ngga pernah tertarik beli produk yang pake embel2 nama artis soalnya kadang produk artis tuh cuma numpang make nama si artis doang buat mendongkrak penjualan. Ngga yakin si artis bener2 ngecek apalagi ngurus proses produksinya. Jadi mending beli yang biasa2 aja wkwk.

Kenapa sih masker kefir booming banget?

Soalnya ini pure 100% bahan alami dan kefir ini fungsi utamanya sebenernya buat detoksifikasi. Detox ini ngeluarin racun2 yang mengendap di kulit akibat penggunaan bahan2 kimia. Misal kamu anak klinik aesthetic yang ketergantungan pake krim2 dokter dan pengen lepas dari ketergantungan, nah ini recommended banget.

Kefir ini mengandung zat alpha hydroxy acids atau sering disebut AHA. Sering kan liat bahan ini di berbagai produk kosmetik? AHA ini fungsinya buat merangsang penambahan jumlah kolagen which is kolagen itu fungsinya buat elastisitas kulit. Jadi ngurangin kerutan wajah dan bikin wajah jadi kenyal. Kalo kamu heran sama kulit orang korea yang bagus2 itu, nah itu dikarenakan emang bawaan gen mereka itu kulitnya banyak mengandung kolagen. Jadi, kolagen ini penting buat keindahan kulit terutama wajah. Zat AHA ini kalo di kosmetik mungkin cuma sekian persen aja, tapi di dalam kefir, kandungannya tinggi banget. Kebayang kan bagusnya?

TAPIIIII

keep in your mind bahwa ini bahan natural, jadi gabisa mengharapkan efek yang instan such as 'kulit tampak mulus dalam 1 minggu' kaya yang biasa kamu denger di iklan. Bahan alami kerja secara alami and it takes a process. Apalagi kalo yang harus di-detox ada banyak, pasti proses lebih lama. Tapi ini kerjanya slow but sure kok. Jadi yang penting telaten aja, rutin pake dengan sabar. Sesungguhnya di dunia ini tida ada keinstanan yang niqmat dan hqq selain indomi. Hihi


Okelahh, langsung aja ke penampakan produk yang aku beli:




Ini aku beli masker kefir sama sabun kefir sekalian. Sabunnya sabun muka (kalo mau sabun mandi juga ada kok) trus maskernya yang original soalnya kulitku bukan kulit bermasalah jadi cukup pake yang biasa untuk treatment supaya lebih glowing aja. Variannya ada banyak banget ini soalnya, tergantung buat jenis kulit apa dan masalah kulit apa. Misal kulit berjerawat, komedo, kulit berminyak, semua ada jenisnya sendiri2. Masing2 varian ini dicampur sama bahan2 alami lain kayak spirulina, kunyit, green tea, dll aku lupa xD

Sekarang ke reviewnya yakk

1. Sabun
Yang pertama aku cobain sabunnya dulu karena pas barang ini dateng pas jam-jam mau mandi sore. Ini sabun kecil banget sih, sayang banget, padahal enak dipake~

Harga: Rp15.000.


Warna: putih

Ukuran: kira2 diameter 3-4 cm

Kemasan: plastik biasa, kudu dibuka pake gunting

Aroma: awalnya kaya bau sabun pada umumnya, tapi setelah dipake di muka jadi keluar bau susu gitu. Enak sih

Tekstur: lebih lunak dari sabun mandi biasa

Efek langsung setelah dipake: bersihhhh banget! Minyak di muka bisa ilang gitu. Ngga bikin kulit kering juga

Efek samping negatif setelah beberapa hari penggunaan: ngga ada

- SUMMARY -

Kelebihan:
Bersihin muka banget, bau enak

Kekurangan:
Ukuran kekecilan

Rating: 4,5 / 5

Repurchase: YES !


2. Masker
Masker yang original ini kalo kata di katalognya sih buat "kulit normal kering kusam berjerawat". Means, bisa untuk kesemuanya itu. Aku ngga berjerawat dan ngga kusam sih sebetulnya. Kulit normal & standar banget. Jadi ya cocoknya pake yang ini aja, supaya nambah glowing aja sih.

Harga: Rp100.000

Tampak depan

Di kemasan bagian depan, isinya merk sama nama variannya, sama klaim 100% susu segar. Oya btw ini ada dua jenis, dari susu sapi sama etawa. Aku gatau sih yang kubeli ini apa, ngga nanya juga soalnya buat aku engga penting wkwk

Tampak belakang

Di kemasan bagian belakang ada petunjuk penggunaan, petunjuk penyimpanan, dan manfaat.
Jadi, masker ini harus disimpen di lemari es. Aku ga saranin masuk freezer karena nanti jadi beku dan butuh waktu lama banget buat nyairin lagi di suhu ruang. Ain't nobody got time for that, lol. Jadi aku taroh di lemari es bagian bawah biasa, yang penting dingin. Kenapa? Ya soalnya ini kan dairy product, namanya dairy product apapun itu harus disimpen di suhu dingin buat mencegah pertumbuhan mikrobia. Kalo ga dimasukin lemari es ntar ini masker bisa basi.

Trus kenapa kalo basi? Kan ga dimakan?

Iyesshh ga dimakan. Tapi basi itu menandakan ada mikroba2 di dalamnya. Kamu mau kulit muka kamu jadi tempat idup bakteri? Ngga kan? ^^

Well..

Untuk penggunaan, sebelum pake masker ini (sebenernya apapun masker yang dipake sih) cuci muka dulu, supaya muka bersih dan nutrisi dari masker bisa meresap dengan efektif ke dalam kulit. Karena aku beli sabun kefir, jadi ya sepaket sebelum maskeran pake sabun kefirnya.

Aplikasiin masker ini bisa pake tangan aja atau pake kuas. Aku selalu pake kuas kalo maskeran karena ngga suka tangan belepotan apalagi masker kefir ini cukup greasy alias berminyak karena kan dia dari susu asli yang berlemak gitu. Oleskan masker merata kecuali bagian mata dan bibir. Buat yang kulitnya sensitif, hindarin bagian lipatan samping hidung sama ujung bibir.

Diemin selama 20-30 menit. Baiknya 30 menit tapi ya kalo keburu2 paling engga maskeran tuh 20 menit lah. Selama proses mengering ini nanti maskernya bakal jadi transparan dari yang tadinya putih susu. Efek pertama penggunaan ini mungkin rada gatel terutama pas maskernya otw kering, tapi gapapa ini wajar. Soalnya kulit emang perlu adaptasi dulu sama masker kefir apalagi kalo kulit kamu adalah jenis kulit yang udah kebanyakan terpapar bahan kimia e.g krim-krim dari dokter gitu.

Setelah 30 menit, bilas pake air. Di petunjuk penggunaan bilangnya sih pake air dingin. Tapi, tips pribadi dari aku berdasar pengetahuan yang aku punya, lebih baik bilas pertama pake air hangat. Anget aja, bukan panas. Kenapa? Soalnya ini sumpah greasy banget, berminyak hampir kaya mentega gitu kadar greasy-nya. Nah kalo pake air dingin di bilasan pertama, bakal susah buat ngilangin sisa-sisa minyaknya. Minyak kena suhu dingin gimana hayo? Yepp, menggumpal. Jadi bilas pake air anget dulu, bisa pake bantuan waslap supaya lebih bersih juga. Nah baru abis itu pake air dingin/air biasa. Kalo sempet, ditutup dengan air es juga bagus buat lebih nutup pori-pori. Habis itu keringkan wajah pake handuk. Kadang aku ga betah sama sisa-sisa minyaknya yang masih nempel di muka, jadi aku cuci muka lagi pake sabun kefirnya.

**

Kemasan: toples plastik dengan tutup uliran dari plastik juga. 

Volume: nggak tertera sama sekali, jadi aku nggak tau ini isi berapa ml atau gram. Untuk perbandingan ukuran, aku kasi foto pas aku bawa masker ini aja 

maapkan kualitas foto yang jelek karena ini cuma pake kamera depan hape yang tida kekinian 

Aroma: kaya yoghurt. Plain soalnya ini yang original tanpa campuran bahan lain

Tekstur: creamy, tapi kalo abis dikeluarin dari lemari es jadi lebih menggumpal.

sorry gelap, ambil fotonya malem2 pas mau maskeran
Itu penampakan pas di-swatch pake kuas. Kalo udah di suhu ruang bakal lunak dan gampang dicolek pake kuas


Efek langsung setelah dipake: kulit kenyal

Efek samping negatif setelah beberapa hari penggunaan: keluar beberapa jerawat kecil

Eittssss tunggu dulu~

Jangan khawatir sama efek samping 'negatif' ini karena efek awal dari kefir emang gini. Jerawat atau kulit merah, atau kaya ngelupas, dll, itu menandakan kalo zat-zat dari kefir ini lagi bekerja dalam proses detoksifikasinya. Semakin banyak kulit kamu terpapar zat kimia, semakin banyak yang harus di-detox, semakin banyak juga jerawat yang mungkin muncul atau semakin lama juga proses detoksifikasnya. Kalo aku karena relatif sehat ya kulitnya, sebelum ini juga rajin merawat kulit sendiri, jadi cuma sempet keluar 2 jerawat di jidat selama 2 hari. Sabar aja pokoknya. 

- SUMMARY -

Kelebihan:
Efeknya lumayan cepet keliatan, detox mulai setelah hari kedua. Kulit nambah kenyal di hari ketiga. Beberapa bagian kulit wajah yang kusam krn sering kena panas juga mulai berkurang. 

Kekurangan:
Ngga ada keterangan volume dan yang menurutku penting tapi justru ngga ada di kemasannya adalah tidak adanya tanggal kadaluarsa atau tanggal produksi. Jadi aku ngga taua ini bertahan sampe tanggal berapa. Jadi pake asumsi aja, kalo ini produk baru, biasanya dairy product bisa tahan 6 bulan kalo tetep disimpen di suhu dingun.

Rating: 4 / 5

Repurchase: Yes


Jadi intinya aku puas sama kedua produk ini. Repurchase terdekat nanti sabunnya soalnya sekarang udah mau abis. Aku emang anak cucimuka gituuuu wkwk rajin cuci muka, walopun ga mandi pokoknya harus cuci muka. Bisa 5 kali sehari. Jadi selalu boros sabun muka emang. Trus, I'm planning to buy another product, yaitu toner. Katanya ini buat bantu ngilangin residu lemak dari masker ini. Jadi aku tertarik. Dasarnya aku konsumtif sih memang, apa2 maunya dibeli. Hiks :"


Beli di mana sih ini?
Aku beli di --> SHERRY OSHUN KEFIR
Karena aku udah nyoba sendiri beli, jadi aku berani bilang ini trusted. Selain itu, ownernya juga aku kenal, kakaknya temen aku. Jadi recommended buat kamu yang pengen cobain masker kefir juga.


Sekian review dari aku. Semoga membantu buat yang baru berniat make, atau yang belum pernah tau apa itu masker kefir. Kalo ada yang mau ditanyain, silakan komen. Kalo kamu rasa ini bermanfaat, silakan share :D

Share:

0 comments