[ANALISIS] HYYH Note / Seokjin's Note

Tampilan note asli

(Source: Facebook Big Hit Entertainment)








Sekarang mari dianalisis.

//Banyak banget teori bertebaran, tapi personally aku banyak ga setuju sama teori yang dishare fanbase-fanbase dengan terlalu cepat, soalnya storyline serumit ini ngga bisa disimpulkan buru-buru. Banyak missing point, banyak logika yang ga masuk kalo teorinya keburu-buru dibikin. Karena alur berpikir buat menyimpulkan masalah itu bukan dari menduga baru mencari bukti untuk memperkuat dugaan kita, tapi mengumpulan bukti-bukti kemudian disusun menjadi hipotesis dan lalu diuji kembali kebenarannya. Sounds too scientific? Ya memang. Konsep berpikir emang gitu, berlaku untuk kasus apapun. Jadi di sini aku bakal jelasin analisis dan hipotesis aku tentang HYYH Note dengan kerangka berpikir yang terstruktur. Brace yourself, Big Hit isn't as easy as you think xD

TANGGAL
13 June YEAR 22

Dugaan:
(1) 22 adalah umur Jin ketika debut, karena 13 Juni tanggal mereka debut.
     • Kemungkinan benar: 20%
     • Alasan:
       #1 Waktu debut, umur Jin masih 21, WALAUPUN kita pake sistem usia Korea. Juni 2013, umur Jin itu MASIH 21 tahun usia Korea dan 20 tahun usia internasional. Jin baru umur 22 Korea ya bulan Desember 2013.

       #2 Ya kalo ini pake sistem umur Korea, kalo enggak? Kemungkinannya sih enggak. Soalnya, umur Korea yang kelebihan setaun itu cuma dipake saat: omong-omongan antar sesama orang Korea, pas ngerayain ulangtaun, atau ya di variety-variety show dan semacamnya. Begitu konteksnya ga sebatas di Korea atau ga cuma bersangkutan dengan sesama orang Korea aja, mereka pake sistem biasa. Bahkan, di Koreanya sendiri pun resminya mereka pake sistem internasional (di ID card, di dokumen2 resmi lain).

      #3 Alasan kenapa lebih logis pake sistem umur internasional adalah: ini khusus tanggal ditulis pake tulisan latin, bukan hangeul. Pasti ada tujuannya kenapa seluruh note pake hangeul KECUALI tanggal dan taunnya.

      #4 Dengan pake sistem usia internasional, Jin berumur 22 tahun pada 4 Desember 2014. Kalo pake sistem Korea, umur 22nya tanggal 4 Desember 2013.

      #5 Alasan ter-gak logis dari dugaan nomor (1) ini adalah: Ini note isinya flashback kan? Coba, balik lagi liat isi notenya, pahami. Yg disinggung di situ ada yg dari MV I Need U, Run, Prologue. Yg dibahas di situ semua paling lawas pol ya era HYYH. Bukan sebelumnya. Gimana ceritanya Jin nulis tentang apa yg terjadi di era HYYH pas dia masih umur 22? Mau 22 korea atau 22 inter, itu semua sebelum ada HYYH. Sebelum mereka foto di pantai, sebelum V bunuh orang, sebelum Jungkook kecelakaan.

       #6 Untuk memperkuat bantahan nomer #5: Ini note full pake PAST TENSE. Artinya apa? Kejadian-kejadian dalam note ini jelas udah berlalu. Ga mungkin Jin nulis ini di tahun dia debut. Dia Mama Jin bukan Mama Loren yang menerawang masa depan. 

**

"Terus knapa dong kak itu tanggal 13 Juni kalo bukan maksudnya pas debut?"

Mungkin kamu ga sadar, bahwa 13 Juni itu BUKAN CUMA tanggal debut. Tapi juga TANGGAL ANNIVERSARY mereka. Jadi, mungkin kenapa Jin nulis note di tanggal ini ya karenaaaa...

"Ah hari ini kan hari anniv BTS, tapi kenapa malah aku sendirian, kenapa kita jadi pisah dan ga kontakan satu sama lain..." 

(itu ilustrasi dialognya, anggep Jin ngomong ini)
Kemudian dia galau dan baper dan nulis note.

Oke. Karena dugaan ini tadi ga logis, maka kita coba pindah ke dugaan kedua yaitu:

↘↙

(2) Note in ditulis di taun 2022
     • Kemungkinan benar: 60-70%
     • Alasan:
       #1 Kejadiannya kan era HYYH (2015-2016) trus ini ditulis taun 2022, logis kan?

       #2 Gramatically, YEAR 22 lebih pas ke "taun 22" di mana 22 itu singkatan 2022. Ya kaya kita kan suka nyingkat taun 2017 jadi '17 atau 017. Ini semacam itu. Dan menurutku pribadi, dibikin tulisannya "YEAR 22" bukannya "YEAR '22" atau "YEAR 022" ya itu biar ambigu aja wkwk buat bikin kita bingung dan kepikiran teori lain.

       #3 Dicoba susun timelinenya.
           "After returning from that sea..."
            Mereka ke laut kapan? MV Prologue kan? MV Prologue keluar kapan? 29 November 2015.                 After itu ya paling cepet Desember 2015, atau malah awal 2016.


Jadi intinya note ini ditulis di masa depan, di mana Jin sendirian karena mereka pisah dan dia lagi cerita apa yg bikin keadaan jadi kaya gitu

**

PARAGRAF 1

"We did not keep in touch as if we had planned not to"
(Kami udah ga pernah kontakan seolah2 ini semua udah direncanain)

Analisis: Jin ngrasa member lain emang sengaja gamau saling menghubungi lagi.



"We merely assumed our existence by the graffiti left on the street, the brightly lit petrol station, and the piano sound from the old building"
(Kami cuma bisa menduga2 keberadaan kami dr grafiti yang masih ada di jalan, pombensin yg nyala terang, dan suara piano dr bangunan lawas)

Analisis:
~Graffiti ada di RUN sama Prologue. Tapi, dia bilangnya 'di jalan' jadi ini mengacu ke RUN.
~Pombensin jelas ada di MV I Need U (dan BST Japan ver)
~Suara piano dr bangunan lawas: piano dan bangunan lawas ada di MV I Need U

**

PARAGRAF 2

"This was when the afterimage of that night came alive like vision"
(Ini adalah saat afterimage dr malam itu muncul seperti vision)

Analisis:
~Afterimage= ilusi optik yang mengacu pada gambar yang terus muncul dalam visi seseorang setelah paparan gambar asli telah berhenti
~Vision: penglihatan, pandangan, sifatnya nyata dan jelas, bukan ilusi.
~Maksudnya, di "suatu malam" ada kejadian buruk dan sisa2 kejadian itu masih selalu membekas di Jin walaupun samar. Lalu, di lain waktu (sesudah kejadian buruk pertama tapi sebelum note ini dibikin), bayangan ttg "suatu malam" itu yg tadinya samar tbtb terjadi beneran di depan mata Jin
~Kejadian apa? Kalimat selanjutnya ⤵


"Taehyung's eyes looked as if they breathe fire, the way their eyes watched me as if they had heard something unbelievable"
(Mata Taehyung seolah mengeluarkan api, dan cara mereka ngeliat aku seolah abis denger sesuatu yg susah dipercaya)



Analisis:
~Jadi, di sini subjeknya ada dua: ada Tae sama 'mereka' alias member lainnya.
~Tae keliatan marah, emosi, panas, apapun lah namanya. Sedangkan yg lainnya, kaget dan ngeliatin Jin krn mungkin ga nyangka dgn apa yg dibilang Jin (entah juga Jin bilang apa). Ini kemungkinannya besar banget kl yg dimaksud adalah BST Japan ver.
~Dari sini bisa diduga bahwa, afterimage yg tadi kebayang2 sama Jin itu adalah malam di mana Tae bunuh orang (I Need U), dan di malam yang ini mungkin Jin tiba2 ga sengaja ngomong/ngungkit lg masalah itu, makanya Tae langsung emosi dan lepas kendali, sedangkan yg lain kaget krn denger sesuatu yg harusnya 'tabu' buat diomongin lagi. Semacam, "udah susah2 selama ini kita jaga perasaan Tae biar ga depresi dan ga ngerasa bersalah, susah2 kita selametin dia pas terjun ke laut kok malah hyung sekarang bahas lagi masalah itu sih"
~Kenapa dibilang kejadiannya sama kaya afterimage dari "malam itu" ? Ya bisa diliat di I Need U kan Tae emosi dan nusuk orang. Nah skrg (di BST Japan), Jin liat ini di depan matanya sendiri: Tae emosi dan dia mau nusuk orang krn bawa2 pisau. Sasarannya ya Jin.


"Namjoon's hand that tried to stop Taehyung and I who couldn't suppress and threw a punch at Taehyung"
(Tangan Namjoon yang berusaha hentiin Tae, dan aku yg gabisa bertahan trus akhirnya mukul Tae)

Analisis:
~Ini jelas bgt adegan di BST Japan. Tinggal kita fix-in aja urutan kejadiannya
~Namjoon yg berusaha hentiin krn dia yg perannya jd penjaga Taehyung


"Failing to find Taehyung who ran out, I returned to the dorm near the beach and no one was there"
(Gagal nemuin Taehyung yang kabur, aku balik ke dorm di deket pantai, dan ngga ada siapa-siapa di sana)

Kabur entah ke mana




Analisis:
Setelah dipukul sama Jin, Taehyung kabur (inget BST Japan yang dia terus malah jalan-jalan sendiri). Jin gagal nemuin Taehyung jadi dia balik ke dorm yang ada di deket pantai, tapi di sana udah ngga ada siapa-siapa. Mungkin semua member lain masih berusah nyari Taehyung dan ngga pengen nemuin Jin karena mungkin jengkel.


"Only broken glass cup, blood stains which began to dry up, cookie crumbs brought me back to what had happened a few hours ago"
(Cuma ada gelas kaca yang udah pecah, noda darah yang mulai kering, dan remah-remah kue yang ngingetin aku tentang apa yang terjadi beberapa jam lalu)

Analisis:
Noda darah di sini belum tentu berarti ada yang ditusuk terus mati. Bisa aja kan cuma luka, mungkin pisau yang dibawa Tae tadi sempet ngelukai Jin atau ya ada yang kena pecahan gelas jadi berdarah-darah, namanya juga berantem.


"There was a photo lying in the midst of this. In the photo, we stood together smiling while we posed with the sea as our background"
(Ada foto tergeletak di tengah semua ini *di tengah pecahan kaca, noda darah, remukan kue*. Di foto itu, kami berdiri bareng, berpose dan senyum dengan lautan sebagai backgroundnya)

Analisis:
~Kejadian dalam foto adalah waktu mereka main ke laut (di MV Prologue)
~Foto ini juga yang dibawa sama Jimin pas dia lagi berendem di bath tub yang terus digambarkan Jin ngilang dari foto
~Jadi, satu bukti lagi bahwa jelas notes ini dibuat jauh setelah era HYYH, ngga ada kaitannya sama taun debut.

**

PARAGRAF 3

"Even today, I just walked past the front of the petrol station. The day when we meet again will come. Someday we will smile together just like the photo. The day when I have the courage to face myself entirely will come"
(Bahkan hari ini, aku barusan tadi cuma lewat aja di depan pom bensin. Bakal dateng hari di mana kita ketemu lagi nanti. Suatu hari di mana kita bakal senyum bareng kaya di foto. Hari di mana aku udah punya keberanian seutuhnya buat menghadapi diriku sendiri juga bakalan dateng)

Analisis:
Di sini dia bilang 'today' artinya yang dia lewat pom bensin itu di hari yang sama dengan hari dia nulis note ini


"However, right now, this very moment is not the right time. Even today, the damp wind blows like that day"
(Walaupun gitu, sekarang ini, sekarang banget ini lho, ini bukan waktu yang tepat. Bahkan hari ini, angin lembap bertiup seperti hari itu)

Analisis:
Jin merasa hari ini belum jadi waktu yang tepat untuk ketemu mereka lagi. Walaupun bahkan
anginnya aja masih sama *samasama lembap* kaya waktu mereka foto bareng itu


"And the next moment, the mobile phone rang like a warning. The photos I hung on the room mirror began to shake. I see Hoseok's name on the screen"
(Abis itu, hape bunyi seperti peringatan. Foto yang aku gantung di cermin di ruangan mulai bergetar. Aku liat nama Hoseok ada di layar hape)

Analisis:
Like a warning ini maksudnya tuh hapenya geter kenceng dan lagi kan mereka udah lama ga kontakan, mungkin Jin lama ga dapet telepon dari siapapun jadi ada telpon masuk ini semacam jadi hal yang mengejutkan buat dia. Apalagi ternyata yang telpon Hoseok.


"Hyung, Jungkook had a car accident that night"
(Hyung, Jungkook malem itu kecelakaan)

Analisis:
Well.... ini part paling menggemparkan jagad per-ARMY-an. Hampir semua orang berpikiran ini adalah kejadian di MV I Need U, walaupun di situ sebenernya ngga dikeliatin juga apa JK bener ketabrak apa enggak. Aku sendiri antara setuju ngga setuju.

Ngga setujunya karena, lah kalo dia di I Need U udah ketabrak, kan ga logis, masa JK kecelakaan, trus ada di BST Japan, terus mereka semua berpisah, terus sekarang tiba-tiba JHope ngasihtau kalo JK kecelakaan.

Agak aneh aja, ibaratnya gini deh; kamu lagi makan sama pacar kamu, tapi pulang-pulang marahan dan kalian ga kontak selama seminggu, trus tiba-tiba setelah seminggu tuh mamanya pacar kamu telpon kamu, ngasih tau kalo dua bulan yang lalu pacar kamu kecelakaan. Ya terus kenapa gitu kan udah kelewat -,-

Jadi maksudku adalah, kemungkinan besar yang dimaksud Jhope ini adalah malam di mana mereka ngejar Taehyung yang kabur itu. Pas itu JK kecelakaan, makanya Jin ngga tau kan dia udah balik ke dorm duluan.

Tapi aku agak setuju juga karena mempertimbangkan kemungkinan ini: Mungkin, Jungkook itu aslinya ga ada di moment BST Japan di mana Jin berantem sama V. Begitu juga dengan Jimin. Soalnya, ada adegan di mana mereka berdua mannequin challenge (wkwk) di dapur sedangkan si Taehyung tetep jalan dengan muka beler.


Bisa aja ini maksudnya sebenernya Jungkook sama Jimin tuh ga ada di situ (kemungkinan ga terlalu besar, tapi ya mungkin aja) karena terjadi sesuatu sama mereka di I Need U. Jungkook ketabrak. Trus Jimin, mungkin dia percobaan bunuh diri di bath tub abis itu masuk rumah sakit.

Tapiiiii kemungkinan ini baru masuk akal dengan syarat: I Need U ini kejadiannnya setelah RUN, bukan duluan.

Karena ga mungkin kalo JK ketabrak di I Need U, trus masi kumpul-kumpul sama mereka di Prologue dan RUN, sedangkan di masa sekarang tbtb JHope telpon Jin ngasih tau kalo Jungkook kecelakaan.

Jadi intinya aku lebih yakin ke kemungkinan pertama: JK kecelakaan di malam Jin berantem sama V (BST Japan)

.
.
.

"Duh kok jadi bingung, scene kecelakaan kan jelas adanya di I Need U doang"

DI SINI PART SERUNYA *ketawa puas setengah nangis pengen bultaoreune-in Big Hit*

Karena post ini udah terlalu panjang dan aku takut kalian yang baca malah muntah busa kejang-kejang, lanjutannya aku taroh di post selanjutnya --> [ANALISIS] Storyline Hwayangyeonhwa






Share:

0 comments