[ANALISIS] Storyline Hwayangyeonhwa

//Hipotesis yang sekarang ini sifatnya sementara ya, selama belum ada clue baru keluar. Ini lanjutan dari postingan sebelumnya --> ANALISIS HYYH NOTE

Kenapa kita ga kepikiran kalo dalam satu MV itu ada dua jalan cerita?

Setelah aku liat lagi MV I Need U, Prologue, dan Run sampe puluhan kali dengan nge-pause setiap detiknya, akhirnya aku nemu solusi dari semua ini.

Alur cerita HYYH dibaca dari : I Need U ➡ Prologue ➡ Run ➡ BST Japan ➡ I Need U ➡ Run

Bingung?

• I Need U
Sadar ga di sini kaya ada dua kejadian berbeda? Satu sisi serba galau dan satu sisi mereka hore hore. Aku sadar dari awal cuma selama ini masih belum tau apa maksudnya dibikin gitu.

Bagian ga bahagianya pun keliatannya bukan dari satu waktu yang sama. Bagian pertama yg menurutku awal dari konflik ini adalah saat Taehyung bunuh (anggep aja) bapaknya. Bagian member lain, yang Jhope pingsan, Jimin galau di bak mandi, Suga galau di motel, Rapmon di pombensin, Jungkook ketabrak, Jin di kamar bawa kelopak bunga lily (inget dong jumlahnya berapa?) itu sesudah kejadian mereka berantem yang dimaksud Jin di notenya. Soalnya, liat aja mereka semua sendirian dan di tempat yg beda beda. Menunjukkan 'setelah kembali dari laut kita semua SENDIRIAN' :))

Terus, bagian bahagia dari MV ini, yang mereka jalan-jalan di rel lah, yang kongkow di bangunan bekas lah (yang ada PIANO nya tuh lho), itu adalah FLASHBACK para member. Semua member kan lagi galau sendiri2 tuh. Mereka keingetan waktu sebelum kejadian berantem dan Taehyung kabur itu, mereka bahagia bareng2. Mereka kalo ga bareng ga bisa bahagia.

Liat cuplikan di MV Prologue ini:

hamkkeramyeon useul suissda


Itu artinya:

abaikan iklan di bawah


Dan ini disebut lagi di kemudian hari di lagu YNWA

neowa na hamkkeramyeon useul suisseunika
(kamu dan aku, bisa tertawa jika bersama)

• Prologue
Setelah I Need U, move ke Prologue. Ini jelas ya, soalnya kan Taehyung di awal Prologue nelpon seseorang (I assume it's Namjoon) dan tangannya penuh darah. Nah selanjutnya MV Prologue ini isinya ngeliatin gimana mereka ngabisin waktu bareng, seneng-seneng di laut, Taehyung juga sempet seneng lagi setelah sebelumnya digambarin agak depresi. Tapi, di sini Taehyung akhirnya lompat ke laut. Mati? Enggak. Karena dia masih ada di MV selanjutnya yaitu RUN. Jadi ini kemungkinan temen-temennya nyelamatin dia entah gimana caranya.

Scene paling penting dari Prologue ini adalah waktu mereka bareng-bareng bertujuh di tepi laut yang akhirnya nanti jadi foto yang dibakar sama Jimin di MV Run.



Dan juga scene di mana Jin foto bareng sama Suga, difotoin Rapmon, yang kemudian waktu dia liat fotonya ternyata dia sendirian. To be honest aku ga seneng sama kemungkinan kematian karena aku paling ga suka cerita yang orang gantengnya mati xD Jadi, aku coba berpikir selogis mungkin di sini. Setelah keluar note ini, aku jadi mikir bahwa foto yang Jin liat lagi dan ternyata dia sendiri di foto itu, itu adalah foto yang berbeda dari yang waktu itu difotoin sama Rapmon. Atau, adegan itu cuma khayalan Jin aja ketika dia dateng lagi ke pom bensin setelah mereka berpisah.

Kemungkinan sih yang pertama ya, jadi emang aslinya dia foto sama Suga. Tapi di masa sekarang ketika Jin nulis note ini, kan dia jalan-jalan ke pom bensin itu lagi kan. Nah dia terus mengenang kejadian waktu itu di tempat yang sama, terus dia selfie. Dan ketika dia liat hasil fotonya, dia bukan heran karena Suga ngilang dari foto, tapi dia mikirin perbedaan sekarang dan dulu. Dulu berdua, sekarang dia bisa foto kaya gitu lagi tapi cuma sendirian. Sedih gitulah. Jadi ada bagian dari MV ini yang nunjukin adegan di timeline yang berbeda

• RUN
Setelah Prologue, baru Run. Ini jelas urutannya gini karena foto yang dibakar Jimin di akhir MV adalah foto ketika mereka main di laut dan ini adanya di Prologue.

Isi MV ini sebagian besar adalah mereka party-party di rumah, dan ngerusuh di jalan. Menurutku ini buat ngegambarin gimana mereka ngehabisin waktu mereka bareng dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan buat ngelupain masalah mereka. Semua kan punya problem masing-masing. Yang terbesar ya masalah Taehyung ya karena kriminal kan. Dan dengan ngelakuin kaya gini mereka jadi bisa sesaat "lari" dari masalah.

Scene yang penting di sini ada beberapa ya. Bagian Jungkook berantem sama Suga



Terus bagian Jimin bakar foto





Dan scene yang aku pikir penting tapi masih gatau apa maksudnya



Hal yang aku tau cuma bahwa As itu kartu terpenting yang suka dijadiin simbol "kunci dari suatu kejadian" atau "sesuatu yang punya peran penting karena bisa melakukan perubahan yang besar". Sedangkan gambar kupu-kupu di sini aku pikir ada hubungannya dengan lagu Butterfly, di mana lagu ini jadi backsound MV Prologue, dan juga bisa menyimbolkan butterfly effect. Butterfly effect itu adalah ketika suatu hal kecil terjadi di satu tempat dan satu waktu tapi dia berefek sangat besar di waktu lain dan tempat lain terhadap hal yang sebenernya jauh banget dari kejadian sebabnya. Mirip-mirip domino effect lah.


• BST Japan
Di sini adalah saat di mana konflik terjadi. Yang Jin bilang di note, awal kenapa mereka jadi terpisah. Kenapa ditaroh di urutan ini, ya karena ini sesudah mereka dari laut yang Prologue tadi.

Di sini juga ada dua jalan cerita.

Rangkaian cerita yang benar-benar terjadi, dan rangkaian cerita yang hanya diperlihatkan ke Jin, semacam penglihatan masa depan gitu.

Penglihatan masa depan itu yang diliat Jin lewat teropong waktu dia di depan lukisan Fallen of The Rebel Angels. Aku jujur ga yakin 100% ini bener, tapi menurut aku bagian yang diliat Jin lewat teropong itu adalah:



• I Need U (again)
Di sini, kejadiannya setelah mereka bertengkar ya. Jadi bagian I Need U di sini adalah yang mereka pada galau itu. Keliatan kan semua member kaya kepikiran sesuatu dan di sela-sela scene itulah ada scene di mana mereka ketawa-ketawa bareng. Bagian ini termasuk yang Jungkook ketabrak mobil. Itulah kenapa di HYYH note, Jin nulis kalo JHope telpon dia dan ngasihtau kalo Jungkook kecelakaan.

Gimana dengan member lain?



• Run (again)
Bagian dari MV Run yang letaknya di urutan akhir ini adalah waktu Jimin berendem di bath tub dan ngebakar foto mereka waktu di pantai. Udah sih itu aja..

**

Menurut aku nih Big Hit suka banget maju mundurin alur. Hampir setiap MV kaya ada flashback atau penglihatan masa depannya. Ini biar kita selalu inget sama MV lain, dan emang alur campuran gini sih yang paling bagus buat nyeritain jalan cerita karena pada kenyataannya emang hidup tuh kadang ngeliat masa lalu dan kebayang masa depan.

Oke sampe sini dulu. Ada beberapa bagian yang belum komplit nanti aku lengkapin. Ini ditulis di sela-sela ngerjain skripsi dan bikin rekapan dagangan soalnya -_-

Makasih udah mampir ARMYs! :D

Share:

0 comments