[ANALISIS] LOVE YOURSELF Hightlight Reel Part 1 (Tanggal Peristiwa)

Annyeong ARMYs!

Di post sebelumnya aku khusus bahas tentang judul dari Love Yourself - Highlight Reel.
Sekarang aku mau bahas hal lain dari video ini dari sisi tanggal yang ada di video dan kemungkinan urutan kejadiannya. Dan dihubungin dengan poster teaser tentunya.

Kuy lah langsung aja biar ppalli~

Berdasar videonya, urutan membernya : Jin, Jungkook, Suga, Rapmon, V, lalu Jimin&J-Hope

Jin, 11 Juli

Jungkook, 14 Juni

The badass Suga, 25 Mei

Rapmon, 5 Juni

V, 18 Juni

Jimin & JHope, 31 Mei
Kita coba urutin berdasar tanggal juga ya, siapa tau di masa depan fakta ini dibutuhkan. Jadinya:

Suga, 25 Mei
Jimin & JHope, 31 Mei, 
Rapmon, 5 Juni
Jungkook, 14 Juni
V, 18 Juni
Jin, 11 Juli

Jujur aku pusingin banyak hal di sini. Kenapa Jimin dan JHope jadi satu video. Kenapa urutannya ngga sama dengan poster kemaren? Dan kenapa nggak ada tahunnya, cuma tanggal sama bulan doang? Apa tahun kejadian ini sama dengan tanggal note Jin ditulis kemarin (2022) ?

Aku sempet baca, lupa di mana sih, bahwa Jungkook di situ tanggalnya 14 Juni itu kemungkinan abis Jin nulis note yg tanggal 13 Juni itu. Mungkin aja sih, dan keadaannya Jungkook di rumah sakit ini udah lama, bukan baru hari itu aja. 

Sejauh ini baru bisa kita analisis aja hal-hal yang udah pasti, hindari spekulasi sebisa mungkin. 
Apa yang kita dapet dari video Highlight Reel part 1 ini?

1. Suga
Cewenya ngambil lighter Suga biar Suga gabisa ngerokok, dan di lighter itu ditulisi Y.K 
Banyak yg berpendapat itu singkatan Yoongi-Kookie, tapi... come on, logikanya ga masuk banget.
Buat apa si cewe malah nulis nama orang lain, kalo itu singkatan Yoongi sama dia baru masuk akal.
Coba jelaskan 1 alasan masuk akal kenapa cewe itu mau nulis Y.K yang artinya Yoongi-Kookie. 
Kalo Suga ditulis Yoongi, harusnya satunya pake nama Jungkook bukan tiba2 Kookie.
Liat juga respon Suga abis liat cewe itu nulis inisial. Biasa aja kan? Cuma ketawa sinis karena kok berani2nya ngambil lighter dia. Dengan kondisi mereka yang lagi pisahan segala macem yakali Suga cuma gitu doang kalo Y.K emang mengindikasikan Yoongi-Kookie ?
Menurutku Y.K itu ya inisialnya Suga, romanisasinya kan bisa Yoongi bisa Yoonki. Atau Yoongi-K.... siapalah nama cewenya. Itu baru agak makes sense.

Cewe ini ngambil lighter lalu nulis inisial dan dia yang bawa2 lighter itu. Lalu dia ke arah tempat dia naroh gitar, terus ngeluarin lolipop ditunjukkin ke Suga. Yang bisa kita tangkep dari adegan ini adalah si cewe gamau Suga ngerokok, jadi dia nawarin lolipop sebagai gantinya rokok.

Di sini kesamaan antara Suga dan cewenya adalah sama-sama suka musik. Suga dengan piano dan si cewe dengan gitar. 

Item yang ada di scene ini: rokok, lighter, lolipop kuning, piano, gitar, gelang cewenya warna orange


2. Jimin & JHope
Jimin dan JHope ga kepisah kaya dua couple lain. Mereka tetep bareng. Di sini cewe yang datengin JHope tiba2 bawa kue padahal bukan ulangtaun JHope. JHope nutup mata buat make a wish tapi justru dia jadi keingetan sama masa lalu dia di mana ibunya ninggalin dia pas kecil. 

-Btw aku liat ada teori "ibu" yang beredar di fanbase2 dan katanya itu bikinan K-Army. But guys, mau itu orang Korea sekalipun belum tentu teorinya pasti bener. Logika ngga mengenal asal negara seseorang. Dan setelah kubaca banyak anehnya. Aku merasa teori2 ARMY inter lebih masuk akal. Mungkin karena aku biasa berpikir rasional dan mengedepankan logika sehari-harinya, jadi kalo ada logical fallacies dikit aja aku tuh tau dan yaa gimana ya, sesuatu yang ga masuk logika tuh berasa ngeganjel banget. Jadi aku gabisa setuju sama teori yang bilang bahwa sebenernya cewe2 itu adalah Ibu-nya para member. Bisa sih dipaksain cocoklogi ke beberapa member tapi cocok di satu member jadi ga cocok diterapin ke member lain. Misal di sini, darimana ceritanya ini cewe penggambaran ibu Jhope orang ibunya aja malah ninggalin waktu kecil. Justru cewe ini jadi sosok baru yang bisa melengkapi rasa kehilangan Jhope itu. Terus ini satu scene sama Jimin. Tau dari mana kalo cewe ini ibunya JHope bukan ibunya Jimin? Atau kebalikannya, kalo yg nganggep ini ibunya Jimin, tau dari mana kalo itu bukan ibunya Jhope? Coba jelaskan scene yang mengindikasikan bukti bahwa cewe ini adalah sosok ibu buat mereka berdua? Dasar yang kuat dikit, yang ga spekulatif. Ada?

Oke lanjut, di sini Jimin keliatannya suka sama cewe yang kasih kue ke Jhope. Dia rekam cewenya diem2, gamau ketauan kalo dia perhatian sama cewe ini. Kalo aku ngeluarin statement "Jimin dan JHope kayanya terlibat cinta segitiga di mana nantinya akan satu yang berkorban" itu sifatnya ga spekulatif, soalnya dasarnya adalah tindakan Jimin yang mengindikasikan hal itu. Sedangkan yang teori Ibu tadi, ngga ada dasar kuatnya. 

Kesamaan cewe ini dengan Jhope adalah (keliatannya) sama-sama keliatan bright. Cewenya member lain ga ada se-happy ini kan wajahnya? Sedangkan kesamaan dengan Jimin kita belum tau, mungkin sama-sama tipe orang yang care. 

Untuk case ini sebenernya aku punya spekulasi (krn ga ada bukti pendukung jadi spekulasi aja) bahwa mungkin cewe ini sebenernya sukanya sama Jimin, bukan JHope tapi dia semacam membohongi perasaan sendiri karena dia sebenernya sama Jhope cuma kasian aja. 

Item yang penting dari scene ini: kue ulangtahun, lilin warna orange, jaket orange Jhope, mainan carousell di taman bermain, snickers bar


3. Rap Monster
Di sini Rapmon lagi ada di atas jembatan penyeberangan sambil makan lolipop. Siapapun yang jeli dan daya ingatnya kuat bakal langsung tau kalo scene ini mirip sama scene V di I Need U. Nah di sini Rapmon ngeliatin cewe yang sibuk kerja sebar brosur dan sempet bantuin cewe ini ketika brosurnya pada jatoh. Abis itu udah sampe situ aja.

Kesamaan Rapmon dengan si cewe ini adalah sama-sama punya kerjaan part time. Rapmon kan selama ini digambarin kerja di pom bensin. Cewe ini kerja sebar brosur. Ini adalah jenis2 kerjaan yang dilakukan sama anak muda yg butuh parttime buat duit tambahan karena kepepet atau sama orang2 yang gapunya skill untuk kerjaan yang layak. Dari sini bisa kita asumsikan bahwa cewe ini dari latar belakang ekonomi pas-pasan dan dia lagi butuh duit entah karena apa. Ini bisa diliat juga dari ekspresi cewenya yang kurang bahagia.

Item yang penting dari scene ini: jembatan penyeberangan, lolipop (jangan2 warnanya kuning tuh kaya lolipopnya cewenya Suga)


4. Jungkook
Scene Jungkook latarnya ada di rumah sakit. Dia di kursi roda, kaya yang di poster kemaren. Diperlihatkan bahwa Jungkook jalanin kursi rodanya ngebut, bukan kaya lagi keburu-buru tapi lebih keliatan kalo lagi emosi. Inget ya di sini ekspresi juga penting buat diliat. Abis itu tiba-tiba ada tangan yang nyetop dia dan ternyata ini cewe yang juga pasien di sana. Keliatannya mereka belum saling kenal karena abis itu si cewe ngajak Jungkook salaman. Asumsi yang didapat dari sini adalah, cewe ini peduli sama Jungkook walaupun mereka belum kenal dan dia menghentikan Jungkook dari tindakan bodoh yang mungkin bisa nyelakain dirinya sendiri.

Kesamaan cewe ini sama Jungkook, apa ya. Kalo dari yang kasat mata sih, stylenya entah kenapa mirip. Ini cewe stylenya kaya Jungkook banget gitu. Trus kalo dugaan aku, kesamaannya mungkin sama-sama punya rasa care terhadap orang lain yang melakukan tindakan ceroboh/berpotensi bahaya. Misalnya dulu Jungkook matiin lighternya Suga. Ini cewek berhentiin Jungkook dari jalan ngebut. (jalan ngebut sounds wrong tapi u know lah maksudnya gimana)

Item yang penting dari scene ini: kursi roda, sweater si cewe warna kuning, kursi rumah sakit warna kuning sama dengan di poster couple Jungkook-Suga kemaren. 


5. V
Scenenya V diawali dengan V makan ramen di mangkok warna merah. Tempatnya ada di minimarket. Bagi yang daya ingatnya kuat pasti langsung keingetan sama MV For You yang V jadi kasir di situ. Tapi di sini V gajadi kasir lagi ya. 
Abis itu, dia liat ada cewe yang lagi mau nyolong barang. Terus dia hentiin cewe itu dengan pegang tangannya, dan malah bayarin barangnya untuk si cewe. Di luar minimarket, cewenya keliatan agak kesel atau mungkin malu, jadi dia langsung ambil tasnya dan pergi gitu aja.

Kesamaan antara mereka adalah, sama-sama melakukan tindakan kriminal. Walau levelnya beda ya, kalo V sampe bunuh orang, ini cewe cuma nyolong itupun gajadi. 

-Di teori Ibu tadi dibilang kalo ibu V waktu remaja itu nakal sehingga blablabla. Lah tau dari mana -,- Kita kan harusnya nganalisis teori bukan bikin teori sendiri. Urutannya tuh harusnya liat fakta yang ada, dikumpulkan, dibuat hipotesisnya, lalu diuji kebenarannya baru disimpulkan. Bukan bikin kesimpulan baru melengkapi data dengan membuat fakta yang diada-adakan dan ngga berdasar-

Item yang penting dari scene ini: ga yakin ini bener penting atau engga, tapi aku notice mangkok ramen V warna merah trus slayer cewenya yang ada di tasnya itu juga warna merah. Selebihnya kayanya ga ada yang terlalu berarti.


6. Jin
Terakhir kita punya scene nya Jin. Jin di sini sekaligus jadi narator juga. Adegan dia tempatnya di rel kereta api. Gatau lah dia lagi apa di situ. Pokoknya abis kereta lewat, ternyata ada cewe di seberang rel yang terus jalan nyebrang ke arah dia. Cewe ini jatuhin buku diary yang terus diambil sama Jin. Bukannya dibalikin. Lol. Style cewenya feminin banget btw. 

Kesamaan antara mereka adalah, sama-sama suka mengabadikan momen. Jin biasanya dengan motret atau ngerekam. Si cewe ini dengan nulis diary. Style mereka juga setipe. Manis dan soft gitu. 

Item yang penting dari scene ini: kereta api, diary si cewe yang warnanya.... aku ga yakin tapi menurutku kok merah. Ada yang bilang orange ada yang bilang pink entahlah menurutku sih merah merah bata gitu.


**

Bulan berlangsungnya kejadian-kejadian ini antara Mei sampe Juli doang.
Sebelum ini kita punya beberapa tanggal:
13 Juni - tanggal note Jin ditulis. Asumsiku itu tahun 2022. 
15 Juni - hari di mana Smeraldo (fake)flowershop kedatangan tamu pertamanya yang bernama Inbloom BTS.

Spekaing of Inbloom~ aku hanya ingin mengingatkan ini



Sampe sini, hipotesisku ada dua:

Pertama - Cewe2 ini beneran ada, mungkin emang ada kisah cinta antara mereka dan member tapi cuma pelengkap aja sebagai pengisi momen saat para member lagi kesepian karena terpisah. Dan mereka ini yang nantinya jadi perantara para member supaya bisa ketemu lagi.

Kedua - Mereka bisa aja ga berwujud nyata, soalnya sampe sini kita belum liat ada interaksi dari cewe2 ini sama orang lain di luar member BTS. Mungkin cewe2 ini penggambaran dari kepribadian para member sendiri. Diliat2 stylenya pada mirip kan sama member BTS dan seperti yang aku tulis di atas tadi banyak kesamaan antara mereka. Semacam cewe2 ini tuh adalah penggambaran dari gimana masing2 member melihat diri mereka sendiri. 


Lanjutannya yang Highlight Part 2 ada postingan selanjutnya. Ditunggu yaa~
Kita tunggu juga updatean dari BigHit. Hipotesis ini tentu belum jelas bener, sama seperti teori2 di luar sana. Kita harus tunggu sampe semua clue keluar baru kita bisa menyimpulkan dengan rasional. 

Makasi uda mampir. Annyeong!

Share:

0 comments