[ANALISIS] Love Yourself Highlight Reel - Kishoutenketsu

Yang belum cek videonya hayo diliat dulu di channel resmi Big Hit


Release Date: 15 Agustus 2017 12.00PM KST

**

Kita bahas urut dari awal ya, mulai dari judulnya.

Video ini judul resminya adalah

BTS (방탄소년단) LOVE YOURSELF Highlight Reel '起'

Highlight artinya sorotan kejadian-kejadian penting, Reel bisa diartikan gulungan (kaya gulungan roll film itu). Jadi Highlight Reel maksudnya adalah gulungan dari kumpulan kejadian-kejadian penting. 

Logikanya, kalo ini baru highlight, nanti bakal ada versi fullnya. Can't wait for the full drama >,<

Lalu, ada karakter  (dibaca: ki/qi) ini huruf Mandarin dan Jepang sekaligus. Kenapa ada ini? Pasti ada maksudnya dong.

Arti dari huruf itu tadi adalah

Jadi bisa disimpulkan ini video adalah permulaan atau pembukaan dari chapter cerita baru. 
Tapi, sebenernya huruf ini adalah bagian dari suatu kata yaitu 承転合 (kishoutenketsu) yang merupakan struktur penulisan karya sastra tradisional di Asia Timur yang sering dijadikan teknik untuk mengembangkan jalan cerita.  Sama lah kaya misalnya (kamu yang anak sekolah harusnya tau nih) misalnya narration text kan ada bagian-bagiannya tuh, ada identification, series of event, problems, resolution. Nah ini kaya gitu.

Kishoutenketsu ini sendiri terdiri dari 4 karakter yang mewakili 4 tahap alur cerita yaitu:

Ki (permulaan/pengenalan)
Di sini isinya baru pengenalan misalnya pengenalan tokoh-tokoh, latar belakang cerita, pokoknya awal-awal cerita. Di video ini, isinya baru semacam perkenalan kan. Semua tokoh muncul, ada latar waktunya, belum jelas apa yang terjadi, jadi ini baru permulaan. 

Shou (penjelasan/pengembangan cerita)
Ini isi cerita setelah permulaan sebelum ketemu konflik atau masalah dalam cerita. Ya perjalanan cerita awalnya gitu. Misal kaya drama Descendants of The Sun nih, bagian ini adalah bagian di mana Kapten Yoo dan Dokter Kang saling mengenal satu sama lain, ketemuan, janjian nonton, makan bareng, dll sebelum Kapten Yoo dipanggil buat tugas khusus.

Ten (klimaks)
Klimaks ini maksudnya adalah puncak cerita di mana biasanya konflik atau masalah besar muncul. Pake contoh drama DOTS tadi, konflik dimulai dari bencana gempa di tempat tugas mereka sampe puncak konfliknya adalah ketika Kapten Yoo dikabarkan meninggal. Bagian hot-hotnya cerita ya di sini.

Ketsu (penyelesaian/ending)
Nah ini udah ending, udah mulai damai. Kalo ada masalah sebelumnya, ini adalah solusinya. Ending lah intinya. Di drama DOTS, bagian ini ada di akhir di mana Dokter Kang ketemu lagi sama Kapten Yoo terus mereka bareng-bareng lagi sampe akhir.

NAH

berdasar fakta ini, artinya, harusnya abis ini Big Hit bakal ngeluarin 3 video lagi. Iya, paling enggak 3 video, untuk melengkap Kishoutenketsu ini. Jadi, sebelum part lainnya keluar, aku nggak berani menyatakan teori pasti dari storyline ini. Seperti biasa, teori yang terlalu cepat keluar biasanya banyak missing logicsnya dan terkesan cocoklogi. 

\Kita tunggu aja sampe ada beberapa clue lagi yang keluar baru kita susun hipotesisnya. Sejauh ini, semua ini baru bersifat analisis. Kita kumpulin dulu potongan puzzlenya baru susun dan tebak gambar puzzlenya. Bukan liat 1 potongan puzzle lalu langsung nebak 'ah ini gambar bunga' lalu kamu paksain cari potongan puzzle yang menurut kamu bisa jadi gambar bunga. Padahal sebenernya puzzlenya nanti itu gambar kupu-kupu, misalnya. Begitulah.

Artikel lain akan segera dipublish. Aku lagi nulis analisis yang diliat dari sisi tanggal yang ditampilin di video ini. Stay tune on my blog, ARMYs :D









Share:

2 comments

  1. Lagi cari refensi buat laporan praktikum, eh nyangkut d blognya si kakak yg teryata satu jurusan dan satu alma. tapi salfok juga sama headlinenya kakak juga A.R.M.Y rupanya :D. Niceu blog kak..
    Salam kenal Kak Icha
    Dari Dinnai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Dinnai! Salken juga..

      Satu jurusan? Wah kamu TIP juga? Angkatan berapa?
      Hehe iya nih ARMY, isi blognya jadi macem2 gini xD

      Anyway, makasi udah mampir ^^

      Delete